Cara Meningkatkan Pelayanan kepada Pelanggan hingga Calon Konsumen

Apakah Anda sudah membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Tips Bisnis Pemula 2018? Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui tips berikut ini. Artikel ini akan fokus membahas bagaimana memberikan pelayanan agar calon konsumen hingga pelanggan menjadi loyal. Pasalnya, ketika Anda berbisnis maka harus siap melayani. Lalu, bagaimana melayani dengan maksimal? Ini dia caranya:

Satu, niatkan membantu.

Dalam berbisnis, Anda harus mengawali dengan niat untuk membantu konsumen. Misalnya, konsumen lagi membutuhkan produk A, maka Anda berusaha membantunya dengan menjual produk A yang sesuai kebutuhan mereka. Tujuan Anda adalah berusaha memudahkan konsumen untuk memiliki produk atau jasa yang dibutuhkan, karena niat awal ini bsia mempengaruhi Anda dalam menjalankan bisnis nantinya.

Dua, jangan berharap cepat closing.

Semua bisnis harus melalui proses. Ya proses menawarkan, proses memberi edukasi, proses prospek, yang tentu pasti pernah ditolak. Yang harus Anda lakukan adalah konsisten memberi edukasi dan tidak berharap cepat closing. Ketika Anda sudah punya niat membantu calon konsumen, maka tidak akan mudah putus asa saat belum terjadi closing.

Tiga, miliki standar.

Dalam menghadapi calon konsuman hingga pelanggan, Anda harus punya standar. Misalnya, pakai kata sapaan apa ketika berkomunikasi dengan calon konsumen? Bisa juga yang berbisnis offline harus memberikan senyuman kepada konsumen yang datang. Hal sepele ini sebenarnya penting karena bisa membuat konsumen nyaman dan mungkin tertarik untuk repeat order.

Empat, ajarkan standar kepada karyawan.

Jika bisnis Anda sudah memiliki karyawan, atau justru punya tim di bagian customer service, maka ajarkan standar yang sudah Anda buat. Anda juga bisa menyiapkan naskah tim CS ketika berhadapan dengan calon konsumen, atau konsumen, hingga pelanggan. Dengan begitu, tim CS cukup copas naskah tersebut.

Lima, komitmen untuk melayani.

Memang, ada banyak macam konsumen bahkan ada yang membuat pusing tim CS. Antara lain komplain, pertanyaan konsumen, PHP, dan lainnya. Maka, luruskan niat untuk membantu sehingga berusaha melayani dengan maksimal. Meski begitu, terkadang rasa lelah datang dan itu wajar. Maka Anda bisa maksimalkan waktu istirahat untuk refreshing.

Agar terus termotivasi untuk memberikan pelayanan maksimal, maka Anda bisa mencatat kalimat motivasi di agenda yang setiap hari dibuka. Bisa dicatat di Agenda Remaja Prestatif. Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: