Cara Meningkatkan Pelayanan kepada Pelanggan agar Laris

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis? Pasalnya, banyak ibu rumah tangga (IRT) yang mengaku ingin berbisnis tapi merasa tidak sempat. Maka, jawabannya adalah konsisten terhadap manajemen waktu. Nah, salah satu cara agar bisnisnya berkembang adalah mengenali siklus memperbaiki pelayanan terhadap konsumen.

Yang pertama, Anda harus menjelajah.

Yang dimaksud menjelajah adalah mengenali apa yang disukai oleh konsumen dan apa yang tidak mereka sukai. Bagaimana mengetahuinya? Anda bisa bertanya langsung kepada konsumen. Selain itu, Anda bisa cek catatan order, nanti ketahuan produk seperti apa yang best seller sehingga Anda mengetahui pola biar laris.

Yang kedua, membuat keputusan tepat.

Setelah melakukan riset untuk mengetahui apa yang disukai oleh konsumen dengan yang tidak, maka Anda harus membuat keputusan yang tepat. Misalnya, menjual produk best seller dengan memberikan bonus pelayanan baru berupa bebas konsultasi. Contoh, Anda penjual gamis maka bisa buka konsultasi fashion, seperti kira-kira gamis seperti apa yang cocok dengan tubuh konsumen tersebut.

Yang ketiga, miliki standar pelayanan.

Jika Anda memiliki karyawan maka harus kasih edukasi bagaimana melakukan pelayanan yang tepat kepada konsumen. Antara lain, pakai kata sapaan apa, jangan lupa tersenyum setiap melihat konsumen, atau menggunakan kata-kata tidak formal ketika chat dengan konsumen, dan masih banyak lagi. Jadi, konsumen akan merasa nyaman berbelanja dengan Anda.

Yang keempat, memastikan.

Meski Anda tidak melayani langsung konsumen, karena sudah ada tim CS, tapi Anda harus memastikan kalau pelayanan sudah makin membaik. Caranya adalah, Anda bisa membuka kontak komplain di nomer tertentu yang bisa Anda akses. Jadi, ketika komplain semakin berkurang maka sistem pelayanan sudah berjalan dengan semestinya.

Yang kelima, luruskan niat.

Ajak tim CS untuk berinteraksi dengan konsumen layaknya berteman. Anggap saja, tim CS berusaha memberi solusi dari masalah yang dihadapi oleh konsumen, dan solusi tersebut adalah produk Anda. Contoh, konsumen susah cari gamis yang berukuran besar, maka tim CS memberi solusi menjual gamis tersebut. Jadi, tidak selalu berharap closing.

Ketika Anda akan mengeluarkan produk baru atau bahkan bisnis baru, maka salah satu cara agar ketika produk laris berada di pasaran adalah, membuat launching yang tepat. Sekaligus momen kalau sistem pelayanan Anda semakin membaik. Bahkan, Anda bisa melakukan launching secara online dengan membuka Launching Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: