Cara Mengundang Media agar Bisnis Anda Kian Dikenal

Salah satu cara untuk menyebarkan informasi mengenai bisnis Anda adalah melalui berita di media massa. Baik itu media cetak, audio visual, hingga online. Sebelumnya, sudah ada penjelasannya di artikel yang berjudul Cara Diliput Media agar Bisnis Kian Berkembang. Tapi, artikel ini adalah kelanjutannya. Berikut ini ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika ingin mendapatkan liputan media sekaligus cara mengundang media.

Satu, siap berbagi inspirasi bagi masyarakat.

Anda dapat menceritakan proses awal mengembangkan bisnis hingga berhasil meraih berbagai pencapaian. Tulisan tersebut baiknya muncul di blog pribadi Anda. Bisa jadi, ada wartawan yang tengah mencari narasumber lalu tanpa sengaja menemukan blog Anda.

Dua, mau berbagi tips seputar bidang yang digeluti.

Sebagai contoh, Anda adalah pelaku usaha di bidang properti, maka dapat memberikan tips lewat tulisan, menjadi pembicara, dan lainnya, mengenai seluk beluk bisnis tersebut. Semakin sering Anda berbagi, maka perlahan-lahan wartawan akan mulai mengenali Anda.

Tiga, membangun hubungan baik dengan pihak media.

Dengan terbukanya kesempatan Anda diwawancarai oleh wartawan, dapat menjadi pintu awal untuk berkenalan dengan pihak media tersebut. Ada baiknya Anda tetap menjaga hubungan baik dengan wartawan walau liputan telah usai.

Empat, sebagai tambahan portfolio.

Ada baiknya rajin membuat dokumentasi setiap liputan seputar Anda. Kumpulan liputan tersebut dapat dipajang di website pribadi hingga media sosial yang dapat meningkatkan kepercayaan visitor web Anda.

Lima, promosi produk atau jasa secara softselling.

Dalam proses wawancara, tentu wartawan akan bertanya seputar hasil karya Anda yang layak menjadi inspirasi. Anda dapat menceritakan keunikan produk atau jasa yang berbeda dengan para kompetitor. Maka, tulisan di berita sekaligus dapat menjadi wadah promosi gratis mengenai usaha Anda. Nama Anda jadi terangkat, begitu pula bisnisnya.

Media bisa menjadi wadah promosi sekaligus meningkatkan popularitas bisnis Anda. Yang paling penting dari liputan di media yaitu mampu menaikkan nama Anda. Jangkauan pembaca media yang luas tentu tidak hanya dapat dijadikan sebagai target konsumen atau pelanggan, tetapi khalayak luas akan mendapatkan informasi mengenai bisnis Anda.

Tips yang sederhana dan bisa dilakukan sekarang walau merasa bisnisnya masih belum menghasilkan, adalah Anda harus rajin mencatat. Catat hal positif bagi bisnis Anda, walau mungkin itu terlihat hal biasa tapi suatu saat ada manfaatnya juga dengan mencatat.

Misalnya, biasanya status FB Anda yang jualan “halus” itu hanya mendapatkan like, tapi hari ini ada yang closing. Artinya, ada kemajuan penting. Sebaiknya, catat di Agenda Remaja Prestatif, di bagian “Aku bersyukur hari ini”. Ketika suatu hari ada wartawan yang bertanya kepada Anda apa pengalaman yang tak terlupakan, maka Anda dapat menjawabnya dengan membuka Agenda Remaja Prestatif bahwa pada tanggal tersebut Anda mendapatkan order pertama kali.

Agenda Remaja Prestatif memang didesain khusus bagi remaja, bisa untuk mendukung anak atau para produktif berjualan dengan dukungan agenda, atau menjadi kado agar mereka produktif lewat mencatat di agenda. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Kado menarik untuk anak remaja apa ya? Ya Agenda Remaja Prestatif.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com