Cara Mengenali Tipe Konsumen agar Laris

Sebelumnya, Anda sudah membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan. Pasalnya, semua tips tersebut mudah dilakukan jika ingin bisnisnya melesat. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara mengenali target market Anda. Dengan begitu, akan memudahkan Anda harus jualan di mana dan melakukan promosi apa saja.

Yang pertama, kenali apa yang disukai oleh target market Anda.

Anda harus tahu, sebenarnya target marketnya itu suka hal apa saja sih? Dengan begitu, Anda bisa mencari inovasi yang disukai oleh target market. Contohnya, target market Anda suka hal-hal yang praktis, sementara Anda jualan produk kosmetik, maka bisa membuat paket glowing praktis.

Yang kedua, kenali juga apa yang tidak target market Anda sukai.

Ini kebalikan dari poin yang pertama, ya. Selain mengetahui apa yang disukai oleh target market, Anda juga harus tahu apa yang tidak mereka sukai. Tujuannya, akan memudahkan Anda agar tidak menawarkan hal tersebut. Misalnya, target market Anda tidak suka slow respon, maka Anda rekrut admin agar bisa fast respon.

Yang ketiga, kenali apa rata-rata hobi target market Anda.

Dari hobi tersebut, bisa menjadi ide program apa yang akan Anda lakukan dan akan direspon positif oleh target market. Contohnya, target market Anda adalah ibu rumah tangga (IRT) yang suka fashion, dan ternyata hobi mereka adalah foto-foto. Maka, bisa membuat produk fashion dengan bahan atau warna yang ketika difoto terlihat lebih menarik.

Yang keempat, kenali apa sumber bahagia target market Anda.

Ini terlihat sederhana tapi penting untuk Anda ketahui. Apa saja sih yang membuat target market Anda bahagia? Contohnya, target market Anda bahagia ketika ada produk skincar yang nggak ribet dipakai dan bisa terlihat cerah. Maka, Anda bisa membuat produk kosmetik yang seperti impian mereka.

Yang kelima, kenali apa sumber frustasi target market Anda.

Begitu pula sebaliknya, apa sih yang membuat target market kesal? Misalnya, sudah membayar sekian rupiah tapi ternyata penampilan produknya kurang menarik. Maka, Anda harus membuat packing produk yang menarik.

Yang keenam, apakah harganya sesuai kantong target market?

Agar tidak terlalu murah sehingga target market bisa ragu dengan kualitasnya, dan tidak terlalu mahal agar mereka bisa membelinya. Maka, buat rencana financial yang tepat. Agar memudahkan Anda atau tim keuangan mengelola kas bisnis, cukup buka dan isi Financial Board for Mom yang didesain khusus memudahkan Anda mengurus keuangan bisnis. Dari mulai membuat Anda mengurus budgedting rumah tangga, budgeting bisnis, target penghasilan, investasi, utang, hingga menghitung penghasilan tetap setiap bulannya sebagai pebisnis.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: