Cara Mengenali Karakter Penerbit

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena bagi ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi pebisnis atau penulis yang produktif, wajib memiliki dan konsisten terhadap manajemen waktu. Selain itu, buat Anda yang naskahnya ingin diterbitkan oleh penerbit mayor, salah satu rahasianya adalah mengenali karakter penerbit tersebut.

Jika naskah Anda sesuai dengan visi misi penerbit, maka kemungkinan besar akan mendapatkan ACC. Untuk mengenalinya, Anda dapat melakukan hal berikut ini.

Langkah pertama adalah melihat genre buku yang diterbitkan oleh penerbit tersebut.

Contohnya, penerbit A hanya menerbitkan buku nonfiksi motivasi, bisnis, atau inspiratif, artinya tidak menerima naskah novel atau komedi karya Anda. Masing-masing penerbit memiliki kebijakan genre tersendiri.

Selanjutnya adalah membaca banyak buku.

Baiknya, bacalah 10 buku dari satu penerbit untuk mengenali karakternya. Namun, beberapa penulis ada yang cukup membaca sekitar tiga buku saja untuk mendapatkan ciri khas penerbit tersebut.

Berikutnya adalah mengenali gaya penulisan.

Untuk novel, juga bisa mengenali karakter tokoh yang menonjol. Sebagai contoh, penerbit A lebih menyukai tokoh utamanya perempuan yang mandiri karena fokus pada naskah pemberdayaan perempuan.

Selain itu, kenali juga pesan yang umumnya disampaikan.

Misalnya, penerbit A lebih suka menerbitkan buku nonfiksi yang aplikatif, seperti tips bisnis, tips pengembangan diri, dan lainnya. Bisa juga, penerbit B lebih memilih buku pelajaran yang disajikan secara menarik dengan bahasa remaja.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.