Cara Mengelola Karyawan Perusahaan agar Berprestasi

Apakah Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Pengelolaan Karyawan agar Produktif? Maka, artikel ini adalah informasi selanjutnya dari artikel tersebut. Setiap pebisnis tentu ingin punya karyawan yang produktif dan berprestasi. Tapi, karyawan berprestasi itu tidak pernah terjadi dengan instan, Anda perlu mengasah kemampuan mereka. Setidaknya, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

Satu, kenali potensi masing-masing karyawan.

Sebagai pemimpin, Anda tetap harus mengenali potensi sesungguhnya dari setiap karyawan. Misalnya, ada 2 karyawan yang sama-sama suka marketing. Tapi, seiring berjalannya waktu, Anda menyadari kalau Karyawan A lebih cocok di marketing online, sedangkan Karyawan B lebih maksimal di bagian marketing offline. Nah, kenali potensi setiap karyawan Anda.

Dua, kenali posisi yang pas di setiap karyawan.

Karyawan mana yang teliti sehingga cocok menjadi administrasi, atau karyawan mana yang lebih mudah bergaul dengan orang sehingga bisa masuk di tim marketing, maupun karyawan mana yang jago fotografi sehingga bisa bertugas memotret produk untuk diunggah di media sosial, dan masih banyak lagi.

Tiga, bagi ilmu Anda kepada karyawan.

Ketika melihat karyawan yang tidak produktif, bisa jadi mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan lagi dalam bekerja. Anda bisa berbagi ilmu yang Anda miliki kepada karyawan. Dengan ilmu tersebut, bisa jadi membuat karyawan jadi tahu apa yang harus ia lakukan lebih dari sebelumnya.

Empat, memberi fasilitas belajar.

Ketika merekrut karyawan, maka Anda juga bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi mereka. Beberapa cara bisa Anda lakukan adalah menyediakan buku-buku atau mengajak mereka ikut training sesuai bidangnya. Dengan ilmu tersebut, mereka lebih paham seputar dunia yang tengah digelutinya, sehingga bisa menjadi produktif kembali.

Lima, bersenang-senang bersama-sama.

Salah satu cara agar karyawan Anda terus produktif adalah Anda sebagai pemimpin bisa menjaga hubungan baik dengan semuanya. Secara berkala, Anda bisa mengajak karyawan bersenang-senang sejenak. Lakukan hal bersama secara sederhana. Misalnya, makan bakso bersama, membawa makanan di kantor lalu makan bersama, apapun yang bisa mendekatkan hubungan.

Enam, memberi motivasi.

Bisa juga, penurunan produktifitas karyawan karena tidak semangat. Maka, sebagai pebisnis sebaiknya secara rutin memberikan motivasi kepada karyawan. Anda bisa melakukan setiap pagi hari, atau secara berkala. Dengan begitu, bisa mendekatkan hubungan Anda dengan setiap karyaan pula.

Agar tidak lupa, Anda bisa mencatat ide-ide motivasi karyawan itu di agenda yang kerap digunakan. Salah satunya Agenda Remaja Prestatif. Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: