Cara Mengatur Jadwal Kegiatan Sehari-hari Bagi IRT

Hidup 24 jam dalam sehari bukan waktu panjang bagi kalangan ibu rumah tangga (IRT). Agar jam yang berputar dapat berjalan efektif, antara lain bisa mengurus keluarga dan rumah, serta masih punya waktu mengembangkan potensi, maka harus membuat manajemen waktu. Segera lakukan langkah di bawah ini agar memiliki jadwal kegiatan sehari-hari.

Langkah pertama adalah membuat daftar kegiatan rutin dalam satu hari.

Coba ingat-ingat, aktivitas apa saja yang biasa dan harus dilakukan setiap hari. Contohnya bagi mompreneur adalah memasak, mengantar anak ke sekolah, mengecek bisnis online, mengirimkan barang, mengurus kebun, dan lainnya. Jangan sampai ada satu aktivitas yang ketinggalan masuk di daftar.

Step berikutnya yaitu mengatur waktu.

Sebagai contoh, Anda memutuskan akan memasak pukul 05.00, lalu mengantarkan anak-anak jam 06.00, selanjutnya cek bisnis online selama anak sekolah, siangnya menjemput anak dan mengirimkan barang, dan sorenya berkebun. Perlu diketahui, Anda sendiri yang tahu kapan harus melakukan kegiatan A, atau B, dan yang lain.

Terus, semua manajemen waktu di atas harus ditulis lalu ditempel di dinding agar terus ingat.

Buat tulisan yang cukup besar agar mudah dibaca. Berikutnya, harus mematuhi setiap rencana kegiatan di waktunya. Sikap konsisten tersebut perlahan-lahan akan mengubah kebiasaan hidup Anda. Kelak siap akan menjalani hari-hari lebih terstruktur dan semua kegiatan bisa dilakukan efektif.

Usahakan, jangan menulis jadwal harian hanya di kertas karena bisa mudah sobek. Selain itu, pastikan Anda menempel di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak agar tidak mudah hilang.

Bila masih mengalami kendala dalam manajemen waktu bisa mengikuti panduannya di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari Indscript Creative yang diberikan secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Mulai sekarang, menjadi IRT juga tetap memiliki kegiatan produktif lainnya. Entah itu berbisnis, menulis, berkebun, apapun itu selama hal positif. Langkah awalnya adalah memiliki manajemen waktu, ya.

Nah, apakah Anda sudah punya jadwal harian? Silahkan komentar di bawah.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com