Cara Menerbitkan Buku Gratis dari Naskah Komedi

Sudahkan Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Cara Menerbitkan Buku Gratis? Selanjutnya, ada pertanyaan kepada kami yang lebih detail, yaitu bagaimana caranya menerbitkan naskah lucu dari kalangan ibu-ibu? Maka, melalui artikel ini, kami akan menjawab step by step yang harus Anda lakukan jika ingin menerbitkan buku, khususnya yang berisi naskah pengalaman lucu dari kalangan ibu-ibu.

Satu, kumpulkan semua ceritanya.

Anda harus mengumpulkan semua cerita lucu menjadi ibu-ibu. Bisa dari pengalaman pribadi, atau bertanya kepada teman-teman agar mau berbagi pengalaman lucu juga. Antara lain, pengalaman jadi pusat perhatian ketika anak tatrum di pusat perbelanjaan, pengalaman lupa menjemput anak sekolah karena asyik nonton televisi, dan masih banyak lagi.

Dua, baca buku komedi juga.

Untuk memudahkan Anda menulis komedi, sebaiknya membaca buku komedi terlebih dahulu yang sudah terbit. Anda belajar bagaimana menulis naskah komedi. Pasalnya, hanya lewat kata-kata, Anda harus bisa membuat pembaca tertawa, atau minimal tersenyum geli. Ini adalah tantangan ketika menulis komedi. Jadi, tidak hanya kejadian yang lucu saja, tapi penyusunan kata yang tepat.

Tiga, menulis sekarang juga.

Sudah melakukan riset yaitu mengumpulkan semua cerita, dan sudah membaca banyak buku komedi juga. Maka langkah selanjutnya adalah menulis saat itu juga. Jangan menunda-nunda lagi, agar naskah Anda lekas selesai. Anda bisa mencicil naskah, dengan menulis 1 halaman setiap hari, maka selama 120 hari sudah bisa menghasilkan 1 naskah buku.

Empat, minta pendapat teman.

Ketika naskah sudah selesai, Anda bisa minta pendapat teman, atau teman tersebut bisa memberikan masukan. Misalnya, naskahnya kurang lucu, atau apa? Sebenarnya, untuk mengenali apakah naskah Anda sudah lumayan lucu atau belum, Anda bisa membaca seolah-olah menjadi pembaca, minimal bisa membuat Anda tersenyum itu sudah bagus.

Lima, self editing.

Kegiatan self editing adalah wajib bagi penulis. Pasalnya, 99% naskah yang baru jadi itu pasti jauh dari naskah menarik. Yang membuat menarik adalah mengedit lagi agar naskahnya kian memikat pembaca. Maka, pastikan Anda melakukan tahap ini sebelum mengirimkan naskah.

Enam, pilih penerbit.

Anda bisa melihat penerbit mana saja yang menerima naskah komedi? Biasanya dari grup Gagas Media, grup Gramedia Pustaka Utama, dan lainnya. Pilihan yang lain adalah mengirimkan naskah ke Indscript Writing nanti kami yang mencarikan penerbitnya.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat 6 hal di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: