Cara Menerbitkan Buku dengan Konsisten

Cara Menerbitkan Buku Gratis

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena memang sudah banyak ibu rumah tangga (IRT) yang menjadi penulis dan mengerjakan tugasnya dari rumah saja. Selain itu, salah satu cara Anda berhasil menulis buku adalah konsisten. Sayangnya, banyak IRT yang susah melakukan konsisten tersebut, maka Anda bisa mencoba trik ini.

Yang pertama adalah kenali apa motivasi Anda memutuskan menulis?

Lalu, ketika ingin tidak konsisten menulis maka bisa mulai mengingat lagi motivasi tersebut. Contohnya, menulis karena ingin berbagi pengalaman mengurus 3 anak tanpa IRT, maka ketika malas menulis coba ingat lagi hal itu, tentu tulisan Anda ditunggu IRT lainnya sehingga semangat menulis lagi.

Yang kedua adalah buar target menulis harian

Nggak perlu yang langsung banyak kok. Anda bisa sesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Misalnya, setiap hari hanya bisa menulis 1 halaman, toh jika konsisten setiap hari menulis maka bisa menghasilkan 1 naskah buku, atau 120 halaman, yaitu selama 120 hari atau 4 bulan.

Yang ketiga adalah ketika lupa menulis maka dianggap utang

Jika Anda kemarin lupa menulis, maka anggap saja Anda punya utang tulisan. Misalnya, setiap hari pasang target 1 halaman, lalu kemarin Anda lupa menulis, maka hari ini targetnya adalah 2 halaman dan Anda harus komitmen dengan hal tersebut. Ingin konsisten, kan?

Yang keempat adalah naikkan target sedikit demi sedikit

Biasanya, ketika Anda sudah terbiasa maka target harian akan terasa mudah sehingga Anda bisa naikkan sedikit demi sedikit. Contoh, target harian adalah 1 halaman setiap hari, awalnya dikerjakan selama 1 jam tapi lama-lama bisa cukup setengah jam, jadinya target harian naik 2 halaman per hari.

Yang kelima adalah menikmati kegiatan menulis

Jangan jadikan menulis itu beban, sehingga malah membuat Anda stress sendiri. Jadikan kegiatan menulis adalah kebutuhan. Misalnya, bagi perempuan kan menurut riset harus mengeluarkan 20ribu kata per hari, maka menulis bisa menjadi salah satu caranya, atau sejak suka menulis jadi jarang ikut gosip tetangga.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.