Cara Menerbitkan Buku dari Rumah

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena semua ibu rumah tangga (IRT) yang ingin produktif dari rumah, baik yang menjadi pebisnis atau penulis, harus punya manajemen waktu. Selain itu, bagi Anda yang menjadi IRT dan ingin menjadi penulis buku maka perhatikan tips ini:

Yang pertama adalah Anda bisa memilih menerbitkan buku di penerbit mayor.

Ada banyak penerbit mayor yang bisa menjadi pilihan Anda. Tentu harus melalui seleksi ketat karena harus menarik di mata editor sekaligus marketing penerbit tersebut. Tapi, jika lolos dan berhasil terbit maka buku Anda dipastikan bisa masuk ke toko buku besar.

Kelebihannya tentu memudahkan naskah Anda bisa masuk ke toko buku dan disebar di berbagai kota besar di Indonesia. Tapi yang menjadi tantangan adalah naskah Anda harus bersaing dengan ribuan naskah yang masuk. Tentu Anda harus sabar karena antri agar bisa dibaca oleh editor dan baru diputuskan diterima atau ditolak.

Yang kedua adalah Anda bisa memilih menerbitkan buku di Indscript Writing.

Indscript Writing adalah agensi naskah, yaitu yang kerap menjadi “jembatan” antara (calon) penulis dengan penerbit. Jadi, naskah masuk ke meja kami, lalu kami carikan penerbit yang sekiranya cocok dengan naskah tersebut. Tapi keputusan diterima atau tidak ada pada penerbit.

Kelebihannya, memudahkan (calon) penulis ketika bingung harus mengirimkan ke penerbit yang mana, karena memang sebaiknya yang tepat dan tidak asal kirim. Tapi ketika sudah diterbitkan maka royalti juga dibagi bersama (dengan peserntase nanti dibahas di surat perjanjian).

Yang ketiga adalah Anda bisa memilih menerbitkan buku di penerbit indie.

Perbedaanya di penerbit mayor adalah, di penerbit indie kemungkinan besar membuat naskah Anda bisa menjadi buku. Tapi butuh usaha sendiri ketika ingin masuk ke toko buku. salah satu penerbit indie adalah Bukuin Aja yang membuat (calon) penulis juga semakin mudah mewujudkan impiannya.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com