Cara Mendapatkan Ide Kreatif untuk Inovasi Bisnis

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Langkah-langkah Memulai Bisnis dari Nol yang Harus Diperhatikan Pebisnis menjelaskan bagaimana merintis bisnis. Maka artikel ini membahas kelanjutannya, yaitu bagaimana mencari inovasi bisnis agar usahanya bisa bertahan lama. Inovasi adalah salah satu alat penting agar bisnis Anda terus berkembang dan meraih kesuksesan. Namun, tidak semua pebisnis menyadari bagaimana cara menemukan inovasi. Terlebih jika kompetitor sudah kian melesat dengan inovasi yang unik dan mencuri perhatian konsumen. Maka, Anda dapat melakukan hal berikut ini agar menemukan inovasi berbisnis.

Satu,Β berpikir seolah-olah menjadi konsumen.

Lalu, tanyakan kepada diri sendiri soal, β€œproduk atau jasa seperti apa yang disukai?” Coba menempatkan diri sebagai konsumen yang ingin produk atau jasa seperti apa. Beberapa konsumen memilih produk atau jasa bukan karena fungsinya, tetapi juga karena alasan psikologis, seperti merek yang ternama, bahan tertentu, dan lainnya.

Dua, detailkan inovasinya.

Bila Anda yang berbisnis menghasilkan atau menjual produk, inovasi dapat dilakukan dari segi meningkatkan kualitas bahan produk, atau proses pembuatan yang lebih aman, dan yang lainnya. Bisa juga Anda membuat inovasi dengan membuat kemasaan yang mendukung kampanye go green.

Sementara untuk bisnis bidang jasa, Anda dapat melakukan inovasi dari segi peningkatan pelayanan, atau fasilitas apa saja yang harus ditambah, serta bonus jasa bagi para pelanggan, dan masih banyak lagi.

Tiga, membuat survei untuk mengetahui kegemaran pasar.

Paling mudah adalah melemparkan pertanyaan di media sosial. Jangan lupa, memberikan hadiah bagi komentar yang menarik agar semakin banyak info yang masuk dari hasil riset tersebut.

Empat, cek inovasi dari pebisnis lain.

Tapi, Anda tidak begitu saja mengikuti inovasi pebisnis lain. Sebaiknya lakukan modifikasi karena setiap produk atau jasa punya target market yang berbeda. Jadi, pastikan inovasi Anda memang dibutuhkan oleh target market Anda.

Anda bisa menyimpan ide inovasi, atau inovasi milik orang lain yang nantinya dimodifikasi versi Anda sendiri, catat di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.