Cara Mendapatkan Ide Kreatif bagi Ibu Rumah Tangga (IRT)

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena semua tips tersebut sangat cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga (IRT) yang mayoritas berada di dalam rumah, sekaligus bisa mengembangkan potensi menulisnya. Selain itu, menjadi IRT sebenarnya punya banyak ide yang ada di sekitar. Antara lain:

Yang pertama adalah menulis tentang tips membereskan baju.

Punya hobi beres-beres rumah, termasuk merapikan lemari anak yang kebanyakan cepat berantakan? Nah, Anda bisa menjadikan hal itu ide tulisan. Misalnya, Anda ikuti tips orang lain, maka tuliskan kalau dari orang lain tapi Anda modifikasi sedikit, jadi tetap isi tulisannya ada sentuhan personal Anda juga.

Yang kedua adalah menulis tentang tips membereskan mainan.

Misalnya, kasih tips bagaimana mengajarkan anak membereskan mainan sejak dini, atau kasih tips biar anak mau membereskan mainannya setelah bermain. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi IRT lainnya dan bisa mengikuti apa yang sudah Anda lakukan, jadi tulisan Anda juga berdasarkan pengalaman.

Yang ketiga adalah menulis tentang tips memasak praktis.

Saat ini, hal-hal yang berbau instan, praktis, cepat, itu sangat disukai oleh siapa saja. Jika Anda punya trik tersebut, misalnya dalam hal memasak, maka akan disukai oleh IRT lainnya. Bisa menulis resep mudah membuat kue, resep cepat memasak, dan resep yang lainnya.

Yang keempat adalah menulis tentang tips mengajarkan asisten rumah tangga (ART).

Memiliki ART memang semakin memudahkan pekerjaan IRT, tapi Anda sendiri tetap yang harus mengajarkan mereka. Nah, jadikan pengalaman tersebut sebagai ide tulisan. Misalnya, cara mengajarkan ART membersihkan kamar dengan cepat, cara membuat kontrak kerja dengan ART agar jelas apa saja hak dan kewajiban mereka, dan lainnya.

Yang kelima adalah menulis tentang apa saja selama itu positif.

Anda bisa menulis apa saja, selama tulisan itu tidak menjelekkan orang lain, tidak menjelekkan pihak lain, pokoknya isinya yang bermanfaat. Apa saja itu meski sederhana, seperti tips cepat membersihkan panci gosong, itu juga banyak yang membaca.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

 

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com