Cara Mendapatkan Ide Keratif bagi Pebisnis

Pastikan Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru karena masih berkaitan satu sama lain. Di artikel ini, Anda akan belajar bagaimana mendapatkan ide kreatif dalam bisnis. pasalnya, jika ingin bisnis Anda terus dicari konsumen maka harus membuat inovasi, seperti dengan cara seperti ini:

Satu, tanyakan bagaimana Anda menyambut calon konsumen?

Inovasi tidak harus membuat produk baru atau menawarkan jasa yang baru. Tapi, inovasi bisa dari hal sederhana seperti inovasi pelayanan. Coba tanyakan, bagaimana selama ini Anda menyambut calon konsumen? Ah, ternyata biasa saja. Maka coba buat SOP menyambut calon konsumen, misalnya akan memberika tips yang mereka butuhkan setiap seminggu sekali lewat WA.

Dua, tanyakan bagaimana cara Anda menghargai pelanggan setia selama ini?

Sudah tanyakan pertanyaan di atas? Jika jawabannya tidak pernah, maka buat inovasi pelayanan untuk pelanggan setia. Misalnya, memberikan voucher sehingga mereka tergerak untuk melakukan pembelian lagi, atau akan mendapatkan diskon jika sudah mengajak kenalannya untuk berbelanja. Intinya, tawarkan hal lebih yang menarik.

Tiga, tanyakan apakah selama ini proses pelayanan di bisnis Anda sudah cepat?

Jika belum, maka lakukan inovasi di wilayah ini. Kenala apa penyebab sehingga tim CS slow respon. Apakah dari sikap CS sendiri? Maka Anda bisa memberikan pelatihan bagaimana bekerja secara efektif dan efisien. Jadi, setelah tahu penyebabnya, maka Anda harus mencari solusi yang tepat karena pelayanan yang cepat itu sangat disukai oleh konsumen.

Empat, apakah penjualan konsisten meningkat?

Yang penting adalah konsisten meningkat, meski mungkin peningkatan yang ada tergolong kecil. Anda juga bisa membuat inovasi produk, seperti menambah hal harus agar konsumen mau order lagi. Misalnya, Anda pebisnis produsen hijab, maka bisa membuat desain hijab terkini sebagai inovasi.

Lima, apakah selama ini cara memotivasi tim sudah tepat?

Menjadi pebisnis adalah pemimpin, salah satunya bisa memberi motivasi kepada tim. Pemimpin yang bersemangat dalam berbisnis, secara tidak langsung bisa menyebarkan semangat tersebut kepada tim.

Nah, agar Anda tidak lupa harus melakukan inovasi, maka catat kegiatan “mencari ide inovasi” di “kolom mingguan” di Daily Activities for Mom (salah satu Superboard dari Indscript). Daily Activities for Mom bisa dipajang sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari, setiap minggunya, dan setiap bulan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: