Cara Memulai Bisnis Pre-order (PO)

ide bisnis unik

Apakah Anda sudah membaca artikel yang sebelumnya berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru? Dengan begitu, meski Anda menjadi ibu rumah tangga (IRT) tetap bisa meniru kebiasaan pebisnis tersebut dari rumah saja. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah Anda bisa memulai bisnis dengan sistem pre-order (PO). Caranya adalah berikut ini:

Yang pertama adalah unggah foto produk Anda.

Foto produk adalah hal pertama yang harus dilihat oleh calon konsumen sehingga harus menarik. Maka, Anda harus membuat foto produk yang menarik. Anda bisa googling foto-foto produk sejenis, misalnya yang dijual adalah buku, jadi lihat foto produk yang sudah ada sebagai bahan referensi.

Yang kedua adalah tonjolkan apa kelebihan produk tersebut.

Calon konsumen akan mau membeli produk Anda jika punya keunggulan karena hal itu bermanfaat bagi mereka. Misalnya, produk buku Anda punya keunggulan isinya yang aplikatif, sehingga pembaca bisa mau langsung praktek. Tonjolkan hal itu di desain promosi sehingga semakin menarik minat mereka.

Yang ketiga adalah jika perlu Anda harus menjelaskan sistem PO.

Tidak semua konsumen paham dengan sistem PO. Ada yang mengira kalau sudah pesan maka barang akan dikirim, padahal sistem PO tidak langsung mengirimkan barang. Jadi, jelaskan pembayaran harus dilakukan di awal, lalu produk akan dikirim pada waktu kapan lalu tepati janji tersebut.

Yang keempat adalah jelaskan pula harganya.

Dalam sistem PO, justru dianjurkan untuk memberi tahu harganya di awal. Biasanya harga ketika PO lebih murah dari pada memesan setelah PO. Beri tahu harga keduanya, yaitu harga normal (setelah masa PO berakhir) dan harga PO, sehingga konsumen bisa mengetahui kalau sebaiknya memesan sekarang juga.

Yang kelima adalah promosikan.

Anda bisa promosi lewat akun media sosial pribadi hingga aplikasi chatting. Selain itu, Anda juga promosi di grup atai komunitas, yang memang diizinkan untuk melakukan promosi tersebut.

Namun, bagi Anda yang akan mengeluarkan produk baru atau bahkan bisnis baru, maka salah satu cara agar ketika produk laris berada di pasaran adalah, membuat launching yang tepat. Bahkan, Anda bisa melakukan launching secara online dengan membuka Launching Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.