Cara Memulai Bisnis Online yang Tanpa Utang

Membangun Tim yang Solid

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena agar bisa berbisnis dari rumah sangat mengandalkan konsisten mengikuti manajemen waktu. Selain itu, Anda juga harus tahu kalau sebaiknya berbisnis dengan tanpa utang, karena dengan adanya utang maka omzet harus dibagi untuk mencicilnya juga. Berikut ini penjelasannya:

Yang pertama adalah pakai modal yang ada.

Anda punya berapa untuk modal? Ya pakai yang ada aja. Cuma 50ribu? Bisa dengan cari peluang menjadi marketer yang pendaftarannya 50ribu, atau menjadi marketer dulu karena uang 50tibu tadi untuk biaya koneksi internet. Jadi, mulai dari zero utang dan gunakan yang Anda miliki berapa saja.

Yang kedua adalah sabar dan gunakan omzet sebagai modal kembali.

Bersabarlah sejenak dengan tidak mengambil keuntungan dahulu. Misalnya, Anda berbisnis tanpa modal dan omzet bulan ini bisa 500ribu, maka bisa bersabarlah dengan memutar uang 500ribu sebagai modal lagi. Bisa juga Anda mengambil hanya sedikit, seperti 10% saja dan sisanya untuk modal.

Yang ketiga adalah punya rencana keuangan dahulu agar modal benar-benar dikeluarkan dengan tepat.

Maka, Anda harus punay rencana keuangan, seperti omzet sekian nantinya untuk apa saja? seperti untuk beli produk sekian rupiah, untuk beli data sekian rupiah, dan seterusnya. Jika tidak ada perencanaan dan Anda bisa kalap, sehingga modal habis tapi produk yang dijual kurang menarik.

Yang keempat adalah punya dana darurat.

Ini juga penting karena tidak ada yang tahu bagaimana bisnis Anda di kemudian hari. Dengan adanya dana darurat maka bisa membuat Anda tidak perlu berutang. Bisa juga menyisihkan sekitar 5% dari omzet untuk masuk dana tabungan bisnis.

Yang kelima adalah pilih bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang ada.

Misalnya, Anda bisa menjadi marketer dahulu. Selain itu, bisa memilih bisnis MLM karena umumnya cukup daftar menjadi anggota dan nanti dapat katalog untuk jualan, jadi tidak perlu menyetok produk juga.

Khusus bagi yang berbisnis jaringan atau MLM, tentu punya tugas menawarkan produk sekaligus masuk ke dalam jaringannya. Untuk memudahkan Anda, cukup buka MLM’ers Success Board lalu isi sesuai instruksi sehingga tahu bagaimana melesatkan bisnis MLM-nya. Di dalamnya ada beberapa 10 hal yang harus dipersiapkan bagi pebisnis MLM, mulai dari identifikasi hingga evaluasi.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.