Cara Memulai Bisnis Anak Sekolah

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan? Selain itu, apakah Anda juga ingin anak Anda mulai mengenali dunia bisnis? Umumnya, orang tua yang berdagang akan menular ke anaknya yang hobi berbisnis juga. Nah, Anda bisa mengajarkan hal-hal berikut ini. Tapi tetap bersifat mengarahkan bukan memaksakan anak harus berbisnis.

Yang pertama, ajak anak membuat manajemen waktu.

Antara lain berisi jam berapa sampai jam berapa harus melakukan kegiatan apa. Agar anak bisa mengisi waktu lebih efektif dan efisien.

Contoh:

05.00-05.30 = bangun, mandi, sholat, ganti baju

05.30-06.00 = sarapan, menyiapkan tas

Dan seterusnya.

Tentukan jam berapa boleh berjualan juga, ya.

Yang kedua, ajak anak menulis semua mata pelajaran.

Sebaiknya catat dan pajang catatan tersebut di dinding, sehingga anak mudah melihatnya. Selain itu, membuat anak tahu kalau besok ada pelajaran apa, sehingga hari ini bisa menyiapkan buku atau melihat apakah semua PR sudah dikerjakan atau ada yang belum. Meski diajak berbisnis, tetap jangan lupa komitmen belajar.

Yang ketiga, apa aktivitas anak di waktu khusus.

Contohnya, anak baru melakukan produksi di waktu sore hari setelah mandi. Anak Anda suka membuat pembatas buku lalu menjualnya ketika jam istirahat di sekolah esok hari. Anda batasi juga berapa lama boleh membuat produk tersebut, karena tetap yang utama adalah sekolah.

Yang keempat, apa dan kapan kegiatan bersama keluarga.

Anak boleh memberi saran akan melakukan apa bersama keluarganya. Selain itu, tanyakan sebaiknya melakukan kegiatan tersebut itu kapan. Contoh, anak mau berkebun dan minta dilakukan setiap hari Sabtu, maka Anda bisa memenuhinya meski mungkin cuma 15 menit, asal konsisten akan mengajarkan anak berkomitmen juga.

Yang kelima, ajarkan hal sederhana berbisnis.

Seperti bagaimana hitung harga jual biar nggak rugi, terus uangnya buat apa, modalnya dari siapa, dan lainnya.

Untuk memudahkan Anda mengajarkan anak disiplin, termasuk punya waktu belajar bisnis, cukup buka dan isi Daily Activities for Kids (salah satu Superboard dari Indscript) sesuai instruksi. Cukup isi kolom manajemen waktu yang tersedia. Selain itu, bonus notes yang memotivasi anak agar menjadi anak yang produktif.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: