Cara Mempromosikan Produk Secara Offline atau Online

Dalam berbisnis, melakukan promosi adalah hal krusial agar usahanya berkembang. Sebagai pebisnis tentu wajib belajar mengenai cara beriklan yang tepat sasaran. Terlebih iklan yang ada tidak dapat lepas dari sekumpulan tulisan. Setidaknya ada enam media iklan yang tulisannya wajib Anda perhatikan. Baik itu promosi produk di dunia online maupun secara offline.

Setiap bisnis membutuhkan tagline.

Tagline berupa kumpulan kata, atau satu kalimat singkat, yang mewakili produk atau jasanya. Fungsi tagline agar memudahkan khalayak mengingat mengenai bisnis sekaligus menjadi ciri khas usaha Anda. Pastikan kalau tagline tersebut tidak menyimpang dari karakter usaha, bahasanya sesuai segmen yang akan ditembak, mudah diingat oleh target market Anda.

Selain tagline, Anda juga harus memperhatikan tulisan pada banner perusahaan.

Banner umumnya digunakan ketika ada event, di bazar, bahkan ada yang ditempatkan di lobi perusahaan. Untuk itu, membutuhkan tulisan yang menarik perhatian orang-orang yang lewat. Pilihlah tulisan yang informatif, singkat, padat, dan jelas sehingga membuat khalayak langsung paham mengenai bidang bisnisnya.

Anda pun harus memperhatikan tulisan di company profile sebelum tersebar untuk umum.

Company profile juga bisa menjadi pintu pertama yang dilihat oleh khalayak mengenai perusahaan Anda. Tentu saja, harus membuat tulisan yang menarik, memberi informasi dengan jelas, hingga menuliskan prestasi atau keunggulan bisnisnya. Dengan harapan, company profile tersebut mampu memetik rasa penasaran pembaca terhadap produk Anda.

Tidak ketinggalan, Anda juga memperhatikan brosur perusahaan.

Brosur umumnya lebih sebagai media informasi mengenai produk atau jasa Anda dengan lebih lengkap. Isinya pun beragam, seperti bahan berkualitas untuk produk, fasilitas yang diberikan untuk bisnis bidang jasa, hingga alamat kantor baik offline maupun online. Dengan jumlah kata yang terbatas, pastikan info paling penting dan menarik saja yang masuk. Kini, juga baiknya memiliki brosur online yang bisa dipasang di media sosial oleh siapapun.

Selain itu, perhatikan press release yang akan Anda kirimkan ke media massa.

Media adalah partner bisnis yang wajib karena jangkauan pembaca yang luas, sehingga kian banyak masyarakat yang mendapatkan informasi mengenai usaha Anda kian. Untuk itu, pilih judul yang menarik, dengan isi yang informatif tanpa terlihat mengajak langsung agar pembaca menjadi konsumen.

Jangan lupa, perhatikan kata-kata ketika promosi di dunia maya.

Pilihlah kata-kata informatif, agar pembaca online Anda seolah mendapatkan ilmu, padahal ada selipan promosi produk di tulisan tersebut. Jika konsisten, juga bisa meningkatkan branding Anda.

Apapun pilihan Anda, promosi di offline atau online, harus sama-sama beriringan. Ada baiknya, mengetahui rahasia jualan laris walau tanpa beriklan (ads). Untuk itu, Indscript Creative siap membocorkan rahasia agar produk atau jasa bisa laris tanpa ads. Silahkan klik JOIN WAITING LIST LARIS TANPA ADS untuk mendapatkan informasi terbaru.

Siap tahu rahasianya dan praktek?

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com