Cara Mempromosikan Buku di Blog Penulis

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul Bagaimana Cara Belajar Menulis Buku bagi IRT, maka artikel ini adalah kelanjutannya. Pasalnya, akan menjelaskan bagaimana jika sudah punya buku dan berpomosi?

Bagi penulis, blog bukan hanya media latihan agar konsisten menulis dan dibaca oleh banyak orang. Namun, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai media promo buku penulis yang akan dan sudah terbit. Berikut ini beberapa langkah yang dapat penulis lakukan untuk promosi buku di blog pribadinya.

Penulis dapat membuat cerita mengenai behind the scene proses pembuatan buku.

Mulai dari mencari ide, bekerja sama dengan penerbit, hingga bukunya sudah naik cetak. Terlebih banyak calon penulis yang membutuhkan informasi mengenai proses awal menerbitkan buku. Jangan lupa menyertakan informasi kalau Anda akan meluncurkan buku baru, dengan unggah pula cover bukunya.

Berikutnya, Anda dapat menceritakan proses launching buku di blog.

Ceritakan bagaimana langkah-langkah bagi calon penulis yang ingin mengadakan launching buku. Informasi tersebut juga dicari oleh banyak calon penulis. Dalam tulisan tersebut, wajib menyelipkan informasi isi buku, apa saja yang didiskusikan, antusiasme pengunjung terhadap buku Anda, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, membuat artikel tips secara umum untuk menambah jumlah pengunjung blog Anda.

Sebagai contoh, Anda baru saja mengeluarkan buku mengenai bisnis online, Anda dapat membuat artikel mengenai tips seputa peluang usaha tersebut. Antara lain tips mencari ide bisnis online yang tepat, cara mendapatkan pembeli lewat dunia maya, dan yang lainnya.

Tidak ketinggalan, mengadakan give away yang informasi selengkapnya disebarkan lewat blog.

Dalam give away tersebut, Anda dapat menyediakan hadiah buku baru Anda, buku-buku dari penerbit tertentu, hingga hadiah yang Anda dapatkan dari sponsor. Semakin menarik hadiah yang disediakan, tentu kian mengundang banyak peserta give away. Jangan lupa, wajibkan setiap peserta upload cover buku Anda.

Penulis tidak hanya dituntut mampu menghasilkan kualitas tulisan yang mumpuni. Tetapi juga dapat melakukan promosi buku agar berdampak positif pada angka penjualan. Terlebih kehadiran jaringan internet yang makin berkembang pesat, dapat Anda maksimalkan untuk promosi buku.

Agar lebih mudah, Anda bisa membuat rencana promo harian lalu catat di Amazing Giant Calendar yang sangat direkomendasikan bagi pebisnis, penulis, dan profesi apapun agar produktif. Pasalnya, mendorong pemilik kalender mencari ide harian dan bisa dikaitkan dengan momen hari tersebut. Informasi mengenai Amazing Giant Calendar bisa KLIK DI SINI.

Contoh:

1 Januari => menulis selamat tahun baru lalu selipkan info buku baru Anda

2 Januari => menulis tips menulis novel ala Anda sendiri

Dan seterusnya.

Siap jadi penulis yang juga belajar marketing? Petakan promonya di Amazing Giant Calendar.

 

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: