Cara Mempromosikan Barang Dagangan yang Mudah Dilakukan

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Marketing Lewat Media Sosial, maka artikel ini akan membahas promosi lebih lanjut. Pasalnya, promosi adalah ujung tombak bisnis sehingga harus memiliki banyak program iklan yang tepat. Namun, sebelum melakukan promosi, pastikan Anda melakukan hal ini dulu hingga tahu media promosi yang pas itu yang mana.

Satu, tema promosi apa?

Anda harus menentukan tema promosi yang dilih dipilih apa? Biasanya tidak jauh dari bidang produk atau jasa Anda. Sebagai contoh, Anda berbisnis handsock, maka bisa memilih tema promosi seputar dunia fashion. Pasalnya, target market Anda yang menggunakan handsock umumnya menyukai dunia fashion. Bisa juga dunia muslimah karena penggunanya adalah muslimah.

Dua, menggunakan media apa saja?

Tidak semua media iklan bisa Anda gunakan. Semua itu tergantung, target market Anda lebih sering menggunakan media apa? Misalnya, rata-rata pembelian datang dari IG, sedangkan sangat jarang sekali dapat order lewat FP. Artinya, target market Anda lebih sering membuka IG dari pada FP, dan Anda bisa fokus berpromosi di IG.

Tiga, gambarnya apa?

Dalam berpromosi, tidak bisa lepas dengan yang namanya desain. Bagaimana pun juga, konsumen kurang tertarik jika promosi hanya berupa kata-kata semuanya. Maka, sertakan pula foto atau gambar maupun ilustrasi. Anda bisa memilih foto produk, atau foto model yang menggunakan produk, foto display produk di sebuah toko, dan lainnya.

Empat, video seperti apa yang disukai target market?

Saat ini, video bisa menjadi salah satu media promosi. Baik itu video yang sifatnya live atau hasil editing. Anda bisa membuat video seputar tips yang dicari oleh target market. Untuk promosi secara live cukup jitu, karena masih sedikit pebisnis yang mencoba cara ini.

Lima, tentukan volume promosi.

Tidak hanya konten promosi yang harus diperhatikan, tetapi berapa panjang tulisan iklan yang harus dibuat? Seberapa besar desain yang harus ditampilkan? Intinya juga harus memiliki ukuran promosi.

Pastikan Anda mencatat program marketing agar tidak bingung ketika akan melakukan promosi. Anda catat setiap hari harus melakukan promosi yang mana? Untuk memudahkan Anda mencatat dan mengingatkan untuk melakukan promosi, bisa membuka Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com