Cara Membuat SOP agar Bisnis Berkembang Pesat

Sebaiknya, Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru karena ke enam hal tersebut sangat sedeharna dan mudah dilakukan serta berdampak positif bagi bisnis Anda. Selain itu, Anda harus mengenali bagaimana cara membuat SOP atau standar operasional prosedur. Khususnya SOP pembelian yang penting sehingga bisnis lebih efektif dan efisien.

Yang pertama, kenali apa tujuan membuat SOP.

SOP itu seperti alur kinerja, sehingga Anda bisa mengelola bisnis tanpa harus memperhatikan hal-hal kecil, karena pekerjaan teknis dalam berbisnis sudah dilakukan oleh tim atau karyawan Anda. Hal itu membuat Anda pun bisa fokus membuat strategi agar bisnis berkembang, sementara anak buah fokus sebagai pelaksana.

Berikut ini contoh SOP pembelian:

Konsumen pesan di Reseller A => Reseller A info ke Tim CS seputar data konsumen dan bukti transfer => Tim CS tanya ke Tim Keuangan apakah dana sudah masuk atau belum:

  1. Jika belum => tim keuangan info ke tim CS => tim CS info ke Reseller A => Reseller A info ke konsumen.
  2. Jika sudah => tim keuangan info ke tim CS => tim CS info ke bagian pengiriman agar segera dikirim => ketika sudah dikirim maka Tim Pengiriman info nomor resi ke tim CS.

Semua alur tersebut harus masuk datang, seperti: nama konsumen, alamat tujuan, detail pensanannya, hingga nomor resi. Tujuannya, ketika ada komplain di kemudian hari maka Anda bisa cek salahnya di mana?

Contoh: konsumen komplain karena pesan gamis warna merah, tapi yang datang warna hijau. Nah, di catatan nanti ketahuan, yang mencatat warna hijau siapa? Apakah reseller? Atau tim CS? Atau siapa?

Jika Anda belum memiliki tim reseller, maka bisa menggunakan Get Reseller Board (salah satu Superboard Indscript) yang bisa Anda pajang dan bisa membuat Anda action kapan saja, sesuai waktu Anda sendiri. Di dalamnya, sudah ada recruitment checklist sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari agar reseller semangat berjualan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: