Cara Membuat Biografi dari Nol

Anda punya rencana menulis buku biografi tapi tidak tahu apa saja yang harus dilakukan? Sebelumnya, baca dulu artikel yang berjudul Cara Membuat Biografi Diri Sendiri bagi Mompreneur ya, sebagai bahan informasi tambahan.

Penulisan naskah biografi tentu berbeda dengan menulis untuk novel, komedi, parenting, dan genre lainnya. Begitu pula membuat tulisan biografi tidak serupa dengan menyelesaikan isi buku kumpulan naskah inspiratif seperti chiken soup. Ada beberapa hal yang berbeda dan wajib dilakukan selama menyusun tulisan biografi seperti penjelasan berikut.

Tips pertama adalah memilih narasumber yang benar-benar inspiratif.

Tidak perlu sosok yang sangat populer tetapi memiliki karakter unik dan layak untuk diangkat profilnya. Contohnya, pengusaha muda yang sukses dengan berbagai penghargaan internasional, sosok sederhana tetapi sudah memberikan kontribusi kepada masyarakat luas, atau sosok dibelakang kesuksesan seseorang, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, mendekati narasumber lalu meminta persetujuan untuk menjadi sumber buku.

Jika narasumber tersebut sudah setuju maka dilanjutkan dengan sesi wawancara. Pertanyaan yang dilontarkan lebih baik fokus kepada hal yang berbeda. Seperti karakter atau sifat yang menarik, kebiasaan yang dapat menjadi inspirasi, prestasi yang pernah diraih dan membanggakan, dan yang lainnya.

Terus, dalam proses wawancara, harus meneemukan hal yang paling unik dari sosok narasumber.

Lalu gali sedalam mungkin temuan tersebut yang membuatnya sangat inspiratif. Ada baiknya tentang sesuatu yang tidak diketahui oleh banyak orang tetapi layak dimunculkan. Sebagai contoh, narasumber ternyata memiliki sifat yang sabar sehingga mampu mendidikan puteranya menjadi sosok yang berhasil.

Jangan lupa, minta nama dan kontak narasumber lain yang mendukung.

Umumnya adalah keluarganya, koleganya, teman masa kecilnya. Intinya yang dekat dengan narasumber.

Berikutnya, menulislah.

Ketika semua informasi sudah didapat, maka langkah berikutnya adalah menulis. Gunakan hati dalam proses menulis biografi agar menghasilkan tulisan yang berkualitas. Apalagi buku biografi tidak sekedar cerita profil tetapi ada alur yang mampu memikat hati pembaca. Untuk menunjang proses menulis dapat membaca buku biografi karya penulis lainnya sebagai bahan referensi.

Agar rencana menulis buku biografi Anda lekas terwujud, segera petakan rencana harian Anda di Amazing Giant Calendar. Sebagai contoh:

1-3 Januari: riset nama-nama narasumber

4 Januari: menentukan narasumber

5 Januari: menghubungi narasumber

6-10 Januari: wawancara dengan narasumber

11-13 januari: Wawancara dengan narasumber pendukung

14-15 Januari: data tambahan dari narasumber

15-25 Januari: menulis

Dan seterusnya.

Amazing Giant Calendar sangat direkomendasikan bagi pebisnis, penulis, dan profesi apapun agar produktif. Pasalnya, mendorong pemilik kalender mencari ide harian dan bisa dikaitkan dengan momen hari tersebut. Informasi mengenai Amazing Giant Calendar bisa KLIK DI SINI.

Siap menjadi penulis buku biografi di tahun 2018? Petakan semua program harian Anda di Amazing Giant Calendar.

Pengunjung Juga Mencari:

  • cara membuat biografi
  • Cara membyat bio
  • Cara bagaimana caranya membuat sbuah biografi
  • cara membuar biografi
  • cara membuat biografi di kapan lagi
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com