Cara Membentuk Tim Kerja yang Efektif dan Bisa Dilakukan di Rumah

Sebelum membaca, sebaiknya Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, karena masih berkaitan dengan isi artikel ini. Salah satu hal lain yang harus Anda perhatikan, jika ingin bisnisnya melesat, yaitu mengelola tim agar mereka maksimal berkarya di bisnis Anda. Lalu, bagaimana mengelola tim?

Satu, Anda harus konsisten memberikan motivasi kepada tim.

Hal ini tampak sederhana, tapi bisa mempengaruhi kinerja tim Anda. Baik tim yang Anda temui secara langsung, hingga tim yang bertemu online, seperti jaringan reseller Anda. Mungkin, setiap Anda memberikan motivasi tidak ada respon, maka tetaplah konsisten karena hal itu bisa berdampak positif bagi kinerja tim.

Dua, konsisten menyapa target market.

Anda harus mengajak tim Anda, khususnya yang bagian marketing, baik itu sales atau customer service (CS), untuk setiap hari menyapa target market. Katakan, jika target market akan mau membeli lewat mereka ketika calon konsumen sudah percaya kepada mereka. Lalu bagaimana mendapatkan kepercayaan? Ya Anda harus mengajak tim marketing untuk terus menyapa target market, meski belum ada closing.

Tiga, konsisten memberikan contoh promosi.

Tim Anda bisa juga membutuhkan panduan praktis dalam bekerja. Misalnya tim marketing, mungkin mereka bingung harus melakukan bagaimana. Maka, Anda harus memberi contoh, seperti kasih contoh chat bagaimana menyapa target market lewat WA, contoh status promosi di FB sehingga mereka bisa re-write dari contoh tersebut, dan lainnya.

Empat, konsisten memberikan senyuman atau ramah di dunia maya.

Sebelum Anda meminta semua tim Anda bersikap ramah, maka Anda harus menjadi contoh dengan cara selalu ramah kepada tim hingga kepada target market. Keramahan Anda tersebut perlahan-lahan bisa menular kepada tim Anda.

Lima, konsisten kejar target harian.

Setiap tim punya target harian agar lebih ringan. Misalnya, reseller punya target harus terjual 1pcs per hari, tim keuangan harus kasih laporan setiap jam 4 sore, tim produksi harus menghasilkan 10pcs per hari, dan semuanya. Dengan konsisten mengejar target harian, akan memudahkan Anda mencapai target di akhir bulan hingga tahunan.

Untuk memudahkan Anda dan tim mencapai target, siapkan dan catat target harian di Metrik Pencapaian yang didesain khusus bagi siapa saja. Metrik juga sudah lewat ujin coba selama setahun dan terbukti bisa membuat pemiliknya meraih target. Metrik adalah salah satu Superboard dari Indscript.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: