Cara Membentuk Tim Kerja yang Efektif agar Bisnis Berkembang

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana Anda harus mengelola karyawan atau tim. Yang utama, Anda harus punya standar lalu ajarkan kepada tim, khususnya karyawan yang menjadi customer service (CS). Standar seperti apa? Antara lain ini:

Satu, punya standar sikap.

Tim CS harus punya standar bagaimana mereka bersikap. Hal ini bisa Anda ajarkan sebelum mereka mulai bekerja. Misalnya, bagi Anda yang berbisnis offline yaitu punya toko, maka jelaskan tim CS harus tersenyum kepada konsumen yang datang. Sementara bagi yang berjualan online, bisa pilih satu kata sapaan khusus buat konsumen, seperti sist, dan lainnya.

Dua, punya naskah untuk hadapi komplain.

Menjadi tim CS maka mereka adalah orang pertama yang berhadapan dengan konsumen. Artinya, tidak menutup kemungkinan kalau para konsumen akan menyampaikan komplain kepada tim CS. Maka, miliki naskah agar tim CS tahu apa saja yang harus dilakukan atau dikatakan. Misalnya: Kami mohon maaf atas tetidaknyamanan ini, kami akan segera tindak lanjuti, ya.

Tiga, tim CS harus tahu sasaran yang jelas itu untuk siapa.

Misalnya, Anda harus menyiapkan beberapa naskah komplain. Untuk komplain mengenai produk yang cacat maka naskahnya seperti apa, sedangkan menghadapi komplain yang tidak masuk akal oleh konsumen itu juga naskahnya berbeda. Jadi, sebaiknya Anda siapkan naskah dalam beberapa kondisi sebagai antisipasi.

Empat, fleksibel.

Membuat naskah untuk tim CS bersikap fleksibel saja. Jadi, tim CS sendiri punya hak untuk membuat naskah, atau improvisasi di lapangan. Semakin sering Anda memberikan pelatihan dan memotivasi tim CS, maka mereka akan lebih cepat berkembang.

Lima, tentukan SOP.

Ketika tim CS melakukan improvisasi, maka dibolehkan asal tidak keluar dari SOP. Contohnya, SOP yang Anda buat adalah dilarang marah kepada konsumen meski mungkin sikap pembeli tersebut tergolong keras, atau dilarang menjelekkan kompetitor meski mungkin itu fakta. Tujuannya, Anda punya standar tersendiri yang menajdi ciri khas bisnis Anda.

Ada baiknya, setiap karyawan Anda punya Dreamboard agar tahu bagaimana bekerja secara maksimal. Misalnya, tim CS tentu punya impian yang lebih tinggi, yaitu tidak hanya menjadi CS, maka dukung dengan memberi fasilitas berupa Dreamboard (salah satu Superboard dari Indscript).

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: