Cara Membangun Sebuah Tim Bisnis yang Solid

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Dihadapi Saat Ini, lalu ternyata ada salah satu masalah adalah sumber day manusia (SDM), maka di artikel ini akan membahas lebih lanjut bagaimana membangun sebuah tim bisnis yang solid.

Kesuksesan bisnis tidak akan berhasil digapai dengan seorang diri. Maka, diperlukan membangun tim yang siap saling bekerja sama meraih target yang diinginkan. Apalagi dalam membangun bisnis wajib membutuhkan dukungan bidang lain seperti marketing yang kreatif, sistem keuangan yang akurat, rekrutmen tepat, dan yang lainnya.

Sebelumnya, apa itu tim bisnis? Sebagai contoh, tim merupakan daftar reseller produk Anda. Untuk itu perlu merangkul para reseller agar bisnis dapat berkembang bersama. Jika reseller sukses menjualnya akan memberi pengaruh positif bagi Anda. Atau daftar penulis dari agen penulisan yang dijaga agar terus produktif dan menelurkan tulisan yang berbentuk buku.

Satu, membuat grup khusus.

Langkah pertama dalam merawat tim bisnis adalah membuat grup. Bisa membuat grup tertutup facebook, grup di BlackBerry Messenger (BBM), grup pada aplikasi what’s app, dan yang lainnya. Grup tersebut dapat diakses oleh tim dari mana saja dan kapanpun, sehingga tim dapat melakukan konsultasi tanpa terbatas ruang dan waktu.

Dua, komunikasi yang interaktif dengan tim.

Selanjutnya harus bersikap terbuka dan interaktif kepada seluruh tim. Ketika salah satu tim mengalami penurunan penjualan, maka Anda harus siap menerima keluhan dan mencari solusi jitu agar tim sanggup bangkit kembali. Selain itu, Anda secara rutin harus menyapa tim dan membuka konsultasi agar tim merasa nyaman dan makin giat berbisnis.

Tiga, gali ilmu bisnis lalu berbagi dengan tim.

Anda terus menggali ilmu seputar bisnis sampai kapanpun. Tidak jarang, tim akan meminta solusi dari masalah yang tengah dialaminya kepada Anda sebagai ketua tim. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa mendapatkan melalui pengetahuan maupun pengalaman diri sendiri. Serta wajib bersikap murah ilmu kepada tim agar bisnis terus berkembang

Ada baiknya, setiap tim memiliki agenda harian tersndiri. Anda bisa meminta tim untuk mencatat agenda harian yang penting di Amazing Giant Calendar. Apalagi sekarang sudah menjelang akhir tahun 2017, maka Anda dan tim sudah harus menyusun agenda harian di tahun depan agar lebih siap menghadapi tantangan bisnis. Cukup catat lalu dipasang di dinding agar mudah terlihat oleh tim.

Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Pre-order akan berakhir pada HARI INI, Senin, 20 November 2017.  Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Siap membangun tim solid agar bisnis melesat di tahun 2018? Petakan rencananya dari sekarang dengan Amazing Giant Calendar.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com