Cara Membangun Loyalitas Pelanggan sehingga Laris Manis

Sebaiknya, Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru karena ke enam hal tersebut sangat sedeharna dan mudah dilakukan serta berdampak positif bagi bisnis Anda. Selain itu, Anda harus mengenali tangga kesetiaan konsumen. Mayoritas konsumen yang loyal sudah melalui tahapan berikut ini sehingga selalu melakukan repeat order.

Yang pertama, mantan konsumen yang kurang suka dengan produk atau jasa Anda.

Hal itu wajar, Anda tidak perlu membuat semua konsumen suka terhadap produk atau jasa Anda. Yang penting, buat target market Anda memang suka dengan produk atau jasa Anda. Meski begitu, sebaiknya tetap menjaga hubungan baik dengan konsumen yang tipe ini, karena bisa jadi semuanya berubah di kemudian hari.

Yang kedua, mantak konsumen tapi mau kasih rekomendasi.

Contohnya: Anda punya mantan konsumen yang pernah pesan, dan sekarang tidak pernah belanja lagi kepada Anda. Bisa jadi, dia bertemu dengan reseller lain yang lebih dekat, atau karena belum butuh lagi produk atau jasa Anda. Maka, tetaplah jaga hubungan baik karena bisa jadi mereka masih mau memberikan rekomendasi kepada kerabatnya soal produk atau jasa Anda.

Yang ketiga, konsumen netral.

Yang ini adalah konsumen yang pernah beli, biasanya satu kali, tapi tidak merespon apa-apa. Jadi, belum repeat order dan tidak memberikan restimoni apa-apa pada pembelian yang pertama. Seperti halnya tingkat konsumen yang lainnya, tetaplah jaga hubungan karena mungkin belum repeart order, sehingga kelak mau belanja lagi.

Yang keempat, pendukung.

Contoh ini adalah konsumen yang sudah membeli produk atau jasa Anda lebih dari satu kali, dan tidak pernah mengajak kerabatnya untuk memberi produk atau jasa Anda. Jadi, sekedar pembeli tanpa mau menjadi penjual atau memberi rekomendasi.

Yang kelima, pelanggan setia.

Tahap ini sudah setia, sehingga tidak tertarik belanja di kompetitor, bahkan mau memberikan rekomendasi kepada kerabatnya, atau mau menjualkannya kembali. Meski sudah loyal, tetap jaga hubungan seperti memberikan hal lebih agar merasa nyaman belanja di tempat Anda.

Ibaratnya, yang terakhir bisa masuk reseller. Tapi Anda bingung bagaimana merekrut reseller? Maka, Anda bisa menggunakan Get Reseller Board (salah satu Superboard Indscript) yang bisa Anda pajang dan bisa membuat Anda action kapan saja, sesuai waktu Anda sendiri. Di dalamnya, sudah ada recruitment checklist sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari agar reseller semangat berjualan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: