Cara Memasarkan Buku yang Bisa Dilakukan oleh Penulis

Anda sudah tahu alur menerbitkan buku, kan? Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Cara Menerbitkan Buku Gratis. Selanjutnya, seorang penulis buku juga dituntut dapat menjadi tim marketing bagi bukunya sendiri. Terlebih saat ini para pembaca lebih suka follow atau berteman di dunia maya dengan penulis langsung daripada penerbit. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan dengan menawarkan pre-order (PO). Lalu, kapan waktu tepat untuk membuka PO?

Langkah pertama adalah bertanya kepada editor mengenai jadwal buku Anda masuk di percetakan.

Umumnya sekitar dua minggu sebagai waktu untuk mencetak buku. Selanjutnya, membutuhkan antara satu minggu atau lebih dalam proses distribusi ke berbagai toko buku. Maka, Anda dapat memperkirakan kapan rencana buku sendiri akan tersebar untuk umum, karena setiap buku punya waktu proses terbit yang berbeda-beda.

Berikutnya, Anda dapat membuka pre-order ketika buku sudah masuk ke mesin percetakan.

Masing-masing buku membutuhkan waktu sekitar tiga minggu, bahkan bisa kurang atau lebih, agar para pembeli dapat memegang langsung buku karya Anda. Rentang waktu proses percetakan adalah tahap pertama promosi buku Anda.

Sebelum membuka pre-order, Anda dapat minta softcopy cover buku kepada editor sebagai promosi pertama.

Pastikan kalau cover buku tersebut sudah pasti dan tidak akan ada perubahan, agar langsung diingat oleh calon pembaca. Biasanya, editor meminta saran Anda sebelum memutuskan menggunakan cover yang mana. Walaupun keputusan terakhir pemilihan cover ada di tangan penerbit.

Ada baiknya Anda jangan buang waktu dengan berdiam diri sembari menunggu buku akhirnya terbit.

Sebarkan informasi kalau buku Anda akan terbit sekaligus membuka pre-order. Setidaknya, friendlist Anda sudah tahu mengenai calon buku Anda sebelum berada di toko buku. Tulis sekilas mengenai isi buku, harga umumnya di pemberitahuan selanjutnya, sertakan pula cover buku di berbagai media sosial Anda.

Untuk lebih menarik perhatian dan semakin banyak jumlah orang yang mau pre-order, ada baiknya Anda memberikan diskon. Jumlah diskon bergantung pada setiap penulis, bisa 25%, 15%, atau 10%, dan yang lainnya. Terlebih setiap penulis mendapatkan diskon ketika melakukan pemesanan buku langsung dari penerbit. Dan, jangan lupa mencatat dengan rapi daftar pre-order-nya.

Agar catatan pre-order lengkap dan detail, Anda bisa mencatatnya di Agenda Remaja Prestatif. Selain itu, Anda juga bisa menulis catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis. Semuanya cukup di satu buku yang bernama Agenda Remaja Prestatif.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Nah, siapkan rencana pre-order Anda sekarang juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com