Inilah Cara Mendapatkan Target Market yang Tepat untuk Bisnis Anda!

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru, maka salah satunya adalah harus tahu apa yang disukai oleh target market. Untuk itu, Anda harus melakukan beberapa hal untuk mengetahui selera target market. Agar memudahkan Anda mengenali target market, Anda bisa melakukan 6 hal berikut ini.

Satu, tanyakan kepada Anda sendiri.

Ini bisa dilakukan ketika Anda adalah target market bisnis Anda juga. Misalnya, produk yang Anda jual adalah untuk kalangan ibu rumah tangga (IRT). Sedangkan Anda sendiri juga IRT. Artinya, ada persamaan, kan? Maka, Anda bisa bertanya kepada diri sendiri, kira-kira bagaimana agar mau membeli produk tersebut.

Dua, datang ke tempat nongkrong target market.

Andaikan Anda bukan termasuk target market produk yang Anda jual, maka coba datangi tempat nongkrong target market lalu perhatikan gerak-gerik mereka, apa yang mereka diskusikan, apa yang mereka pilih, dan lainnya. Misalnya, Anda adalah remaja tapi produk yang dijual untuk ibu-ibu, bisa datangi tempat permainan karena ibu-ibu kerap nongkrong sambil menemani anak bermain.

Tiga, membaca buku yang disukai oleh target market.

Selain itu, Anda bisa membaca buku-buku yang disukai oleh target market. Terkadang, dari membaca buku bisa timbul ide atau inovasi bagi bisnis Anda, karena buku bisa mewakili hal yang mereka sukai pula.

Empat, kenali akun media sosial siapa saja yang di-follow.

Dengan begitu, Anda tahu apa yang kerap mereka bicarakan, apa yang disukai, dan apa yang hits di dunia mereka. Misalnya, Anda IRT yang jualan produk remaja. Kebetulan karena anak Anda juga remaja. Maka bisa melihat trend media sosial remaja sekarang itu siapa.

Lima, di tempat keramaian.

Antara lain di pusat perbalanjaan, tempat wisata, restoran, atau di mana saja yang kemungkinan didatangi oleh target market Anda. Keuntungannya, Anda bisa sekalian refreshing sambil riset.

Enam, lihat apa isi media sosial target market.

Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengenali karakter target market. Apa sih yang lagi mereka sukai, yang mereka cari, dan dekat dengan dunia mereka.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com