Cara Melayani Customer Service kepada Konsumen

Sebelum membaca, sebaiknya Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, karena masih berkaitan dengan isi artikel ini. Salah satu hal lain yang harus Anda perhatikan adalah, bagaimana meningkatkan pelayanan. Pasalnya, salah satu alasan konsumen mau pesan lagi karena pelayanan yang maksimal. Maka, perhatikan berikut ini:

Satu, memberikan pelayanan yang cepat.

Tapi, bukan berarti Anda harus 24 jam melayani konsumen. Anda boleh memberi informasi jam pelayanan. Misalnya, Senin sampai dengan Jumat, pukul 8 pagi sampai 5 sore. Maka, konsumen akan lebih memaklumi jika di luar jam tersebut tidak fast respon. Tapi, jika di jam kerja ternyata konsumen masih sering komplain, bisa jadi Anda membutuhkan customer service (CS) baru atau mengganti CS yang lama.

Dua, selalu bersikap ramah kepada konsumen.

Sikap ramah ini tidak hanya ditujukan bagi bisnis offline karena bertatap muka dengan konsumen. Tapi, berbisnis online juga dituntut untuk bisa ramah. Maka, Anda bisa menyiapkan naskah bagaimana tim CS memebri jawaban chat yang ramah dan membuat konsumen nyaman berbelanja di tempat Anda.

Tiga, terbuka terhadap kritik.

Dalam berbisnis, Anda tentu tidak bisa bebas dari kritik. Selalu ada konsumen yang tidak puas kepada bisnis Anda. Tapi, jadikan hal itu sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki bisnis Anda. Selain itu, Anda bisa memberikan bonus kepada konsumen yang mengkritik agar mau belanja kembali lagi. Jadi, buat komplain tetap bisa closing.

Empat, tonjolkan nilai produk.

Dalam melayani konsumen, terkadang ada yang komplain, seperti harganya kok mahal sedangkan produk tersebut yang dijual di tempat lain jauh lebih murah. Maka tim CS harus tetap tenang, tidak marah, tapi jelaskan apa nilai produk Anda sehingga pasti ada hal yang berbeda dengan produk kompetitor, meski produknya terlihat sama.

Maka, sebagai pemimpin, Anda harus mengingatkan tim tentant pentingnya melayani dengan bahagia. Jangan biarkan konsuman yang komplain itu mengganggu mood tim CS sehingga bisa “lepas” lalu marah.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa mengajak tim CS punya daftar daily activity di Daily Activities for Mom (salah satu Superboar dari Indscript). Jadi, Tim CS tahu apa yang harus dikerjakan jam sekian apa, lalu jam sekian lagi apa, dan begitu seterusnya. Adanya daftar daily activitas ini juga membuat Tim CS lebih produktif mengisi waktunya dalam bekerja.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: