Cara Melayani Customer Service agar Bisnis Berkembang

Dewasa ini, banyak ibu rumah tangga (IRT) yang juga berbisnis. Maka sebaiknya sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis. Selain punya manajemen waktu, Anda juga melatih tim Customer Service (CS) dengan tepat karena mereka berada di garda depan menghadapi konsumen. Lalu, bagaimana menjadi CS itu?

Satu, jangan pernah berbohong.

Sekali konsumen tahu kalau tim Anda ada yang berbohong, maka bisa jadi dia tidak akan berbelanja di tempat Anda lagi, atau bahkan mengajak teman-temannya untuk tidak membeli di tempat Anda. Misalnya, tim CS bilang kalau bahannya A, tapi ternyata yang datang adalah produk dengan bahan B. Hal itu sudah membohongi konsumen.

Dua, jangan lamban dalam merespon.

Dalam berbisnis online, tentu Anda tidak bisa punya tim CS yang bisa melayani selama 24 jam. Maka, Anda tentukan jam kerja mereka lalu informasi kepada konsumen. Misalnya, jam 8 pagi sampai 5 sore setiap harinya, atau khusus tanggal merah libur, dan lainnya, agar konsumen tahu dan jelas kenapa ada jam tertentu Anda slow respon.

Tiga, harus istimewa jangan biasa.

Anda harus punya hal unik yang dimiliki oleh tim CS. Contohnya, di Indscript, nama tim CS adalah Miss Indscript. Selain itu, Indscript juga menyapa semua customer-nya dengan sebutan Miss. Kata sapaan ini tergolong unik tapi bisa membuat konsumen mengingat bisnis Anda.

Empat, lakukan sesuai harapan konsumen.

Meski, tidak mungkin semua konsumen bisa merasa senang dengan bisnis Anda. Tapi setidaknya, tim CS Anda sudah memberikan hal terbaik, seperti produk terbaik hingga pelayanan maksimal bagi konsumen.

Lima, sesekali berikan kejutan.

Anda bisa memberikan kejutan bagi konsumen, seperti kado yang disukai konsumen. Untuk itu, tim CS memang sebaiknya mengenal betul siapa apra konsumen mereka itu. Misalnya, dalam rangka ulang tahun bisnis Anda, maka Anda menyiapkan hadiah bagi pelanggan berupa hal yang mereka sukai.

Lima, tim CS bisa beripikir di luar pikiran konsumen.

Meski Anda adalah pemimpin, tapi bebaskan tim CS untuk berpikir kreatif. Misalnya, mereka ingin memberikan layanan ekstra, seperti sesekali mau bekerja sedikit lebih lama dari biasanya. Seperti biasanya sampai jam 5 sore, tapi karena merasa tanggung jadinya baru selesai jam 5.30 sore.

Maka, kegiatan pelatihan untuk tim CS adalah hal penting. Anda bisa melakukan secara berkala, seperti setiap sebulan sekali. Agar tidak lupa, catat agenda bulanan tersebut di modul manajemen waktu yang lengkap yaitu Daily Activties for Mom (salah satu Superboard dari Indscript).

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: