Cara Kerja Reseller agar Tidak Kehabisan Stok

Sebaiknya, Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, agar mengelola bisnis bukanlah beban. Selanjutnya, hal yang krusial dalam berbisnis adalah jangan sampai kehabisan stok, khususnya bagi yang berbisnis reseller. Maka, bagi Anda yang berbisnis sebagai reseller bisa melakukan tips membuat manajemen stok berikut ini.

Yang pertama, kenali produk best seller.

Pada awal menjadi reseller, mungkin Anda tidak tahu bagaimana selera pasar. Maka, fokusnya di 1 bidang tersebut, sehingga sambil belajar seperti apa sih selera konsumen itu. Misalnya, Anda fokus di bisnis fashion, maka tidak berbisnis kuliner dulu, agar tahu pola trend fashion dan bisa paham mana yang akan menjadi best seller.

Yang kedua, mulainya menyetok sedikit sebagai belajar.

Jika Anda merasa sudah lumayan tahu bagaimana selera pasar, maka belajarlah untuk mulai menyetok barang. Sebagai proses belajar ini, Anda sebaiknya membeli produk dalam jumlah yang sedikit dahulu. Ingat, belilah produk yang kemungkinan besar akan disukai oleh konsumen, bukan yang Anda sukai.

Yang ketiga, tahu momen penting.

Momen itu bisa menjadi cara untuk mengetahui selera pasar. Misalnya, momen menjelang bulan puasa dan lebaran itu biasanya perminataan produk fashion muslimah cukup tinggi. Maka Anda bisa mulai mengenali stok yang disukai sekitar 3 bulan sebelum bulan puasa datang, atau menyetok kue kering sebelum bulan puasa.

Yang keempat, gagal ya evaluasi.

Apa pernah Anda sudah menyetok, sudah memperkirakan, tapi ternyata stok menumpuk sekian lama. Maka, Anda bisa mencari solusi seperti membuat bundling dengan produk baru atau best seller. Terus lakukan evaluasi kenapa bisa stok menumpuk karena nanti pasti bisa baca selera pasar. Bisa juga, karena Anda jarang promosi dan bukan karena produknya

Yang kelima, semua harus serba tercatat.

Ini terlihat sederhana tapi penting. Anda harus punya catatan bisnis secara detail meski masih menjadi reseller. Misalnya, catatan stok setiap jenis produk, catatan keuangan jadi jelas rugi atau untung, catatan suplier agar nggak bingung ketika HP rusak dan bisa kehilangan kontak suplier, hingga data konsumen.

Agar memudahkan Anda atau tim keuangan mengelola kas bisnis, cukup buka dan isi Financial Board for Mom yang didesain khusus memudahkan Anda mengurus keuangan bisnis. Dari mulai membuat Anda mengurus budgedting rumah tangga, budgeting bisnis, target penghasilan, investasi, utang, hingga menghitung penghasilan tetap setiap bulannya sebagai pebisnis.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: