Cara Jualan Online Shop untuk Pertama Kali

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Tapi, artikel ini khusus bagi Anda yang baru pertama berjualan, atau sudah pernah berjualan tapi belum pernah berhasil membuat target market membeli. Nah, lakukan beberapa hal berikut ini:

Yang pertama, Anda harus punya biodata target market.

Sebelum mulai jualan, Anda harus tahu siapa orang-orang yang mau atau akan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan? Anda harus tahu apakah mereka laki-laki atau perempuan? Rentang usianya berapa saja? Domisilinya di mana saja? Penghasilan per bulannya sekitar berapa jadi tidak akan keberatan dengan harga jual Anda?

Selanjutnya, jangan langsung jualan.

Sudah punya data dan kontak mereka? Justru Anda jangan langsung jualan. Tahan dulu keinginan Anda yang biasanya ingin lekas jualan dan cepat closing. Sabar sebentar, karena nantinya akan membuahkan “hasil” yaitu terkadang justru target market tersebut yang mendatangi Anda sendiri.

Berikutnya, kenalan lewat media sosial.

Sebaiknya, Anda punya teman FB atau WA yang tergolong target market Anda. Misalnya, target market Anda adalah ibu rumah tangga (IRT) yang suka makanan praktis dan homamade. Maka bertemanlah dengan para IRT yang suka menyajikan makanan buat keluarganya. Anda bisa berkenalan lewat komunitas pada IRT.

Terus, Anda juga harus rajin lika atau komentar status FB teman yang tergolong target market.

Tujuannya, agar teman FB tersebut akan mengingat Anda. Selain itu, status Anda akan lebih mudah terbaca oleh teman tersebut. Begitu pula dengan teman di WA, Anda bisa membalas status WA-nya. Intinya, cari teman sebanyak mungkin dengan tidak berharap closing.

Lalu, seringlah berbagi.

Anda bisa berbagi mengenai banyak hal. Misalnya, Anda pebisnis kuliner, maka bisa berbagi tips praktis ketika memasak, atau tips membuat adonan pasti berhasil mengembang, atau berbagi resep baru, dan masih banyak lagi. Namun, pastikan niatnya tulis berbagi ya dan tidak berharap closing dulu.

Yang terakhir, lakukan hard selling ketika ada yang bertanya.

Misalnya, setelah berteman beberapa waktu lalu ada yang tanya aktivitas Anda apa. Nah, bisa jelaskan Anda jualan apa saja. Hard selling bisa dilakukan ketika teman Anda sudah mulai tertarik.

Menjadi pebisnis memang banyak hal yang harus dilakukan. Agar Anda mengisi waktu lebih efektif dan efisien, bisa membuat manajemen waktu yang mudah di Daily Activity for Mom (salah satu Superboard). Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: