Cara Jualan Online Laris dengan Membuat Sistem

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Sebelumnya, Anda sudah harus membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena bagi ibu rumah tangga (IRT) sangat mungkin berprofesi menjadi pebisnis atau penulis dari rumah dengan manajemen waktu. Selain itu, Anda harus membuat sistem bisnis agar kinerja Anda dan tim bisa efektif, efisien, dan hasilnya maksimal.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah siapa yang melakukan tuags apa?

Contohnya, tim keuangan harus melakukan tugas-tugas di bidang keuangan, lalu Anda menunjuk orang yang bisa detail dan rapi, sebut saja Karyawa A. Jadi, harus jelas siap yang bertugas, dan tidak asal pokoknya rekrut tim nanti tergantung kondisi harus mengerjakan apa.

Yang kedua harus Anda lakukan adalah siapkan catatan job description.

Tujuannya adalah masing-masing karyawan tahu apa saja yang harus dilakukannya. Selain itu, bisa menghindari 1 pekerjaan dilakukan oleh 2 karyawan tanpa saling mengetahui, atau yang lebih buruk akan saling melemparkan tanggun jawab. Maka, siapkan catatan tersebut dan berikan ke setiap karyawan.

Yang ketiga harus Anda lakukan adalah bagaimana alur di bisnis Anda?

Misalnya, Anda harus menentukan alur pemesanan hingga barang sampai ke konsumen. Antara lain, pesanan masuk ke Tim CS, lalu Tim CS info ke keuangan apakah uang sudah masuk atau belum, jika sudah maka Tim CS info ke bagian pengiriman agar ambil barang di gudang lalu kirim.

Yang keempat harus Anda lakukan adalah lakukan evaluasi sejauh mana sistem sudah berjalan lancar.

Biasanya, ditandai dengan minimnya komplain dan target juga terpenuhi. Jika ada komplain maka bisa jadi orangnya yang salah atau sistemnya yang tidak cocok di bisnis Anda? Atau sistem yang kurang tepat di bisnis Anda? Jadi tetap lakukan evaluasi.

Yang kelima harus Anda lakukan adalah menyusun startegi.

Jika sistem bisnis sudah jalan, maka Anda sebagai pebisnis tidak mengurus hal teknis seperti produknya sudah dikirim belum, dan lainnya. Tapi, Anda fokus ke menyusun strategi agar bisnisnya semakin berkembang. Salah satunya bisa menyusun strategi promosi yang tepat, dan bisa maksimalkan facebook.

Suka nyetatus atau chatting di facebook? Tahu nggak kalau dari facebook personal bisa mendatangkan closing? Semua akan dipelajari di Learn All About Facebook (LAAF) dari Indscript, karena akan belajar nyetatus asyik, branding, follow up di FB, dan bonus materi lainnya. Soalnya, jualan di FB itu butuh konten dan flyer tersendiri biar bikin teman FB nggak terasa digiring buat beli jualan Anda. Tenang, triknya juga cocok buat kalangan ibu rumah tangga (IRT) karena mudah banget.

Informasi mengenai training LAAF bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.