Cara Bisnis Sukses: Menulis di Media

Pastikan Anda sudah membaca artikel yang sebelumnya, yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru.

Pernahkah Anda melihat satu rubrik konsultasi di media?
Atau pebisnis tersebut rutin mengisi kolom tertentu di media?
Tahukah kalau hal itu dapat menjadi strategi bisnis Anda?
Setidaknya Anda akan mendapatkan lima manfaat berikut ini, jika berbisnis sekaligus menjadi penulis tetap salah satu rubrik di media cetak.

Satu, tulisan dapat menjadi wadah Anda untuk berbagi ilmu mengenai suatu bidang.

Antara lain dapat menyebarkan pengetahuan seputar rahasia mengawali bisnis, apa saja yang pernah Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis, hingga berbagai usaha marketing yang pernah dilakukan. Tidak harus menulis soal bisnis saja. Misalnya, Anda pebisnis kuliner sehat, maka dapat berbagi resep sederhana dan sehat untuk keluarga.

Dua, tulisan sebagai media berbagi inspirasi ke berbagai kalangan pembaca.

Anda dapat bercerita mengenai masalah bisnis yang pernah dihadapi beserta solusi yang dilakukan, persaingan bisnis yang pahit tetapi akhirnya dapat bangkit, mengenali tanda-tanda kebangkrutan agar tidak gulung tikar, dan tema menarik yang lainnya.

Tiga, sebagai wadah berbagi pengalaman.

Terlebih pembaca akan mencari tulisan seputar pengalaman apa saja yang pernah Anda lalui sebagai pebisnis agar dapat menjadi pembelajaran. Anda juga bisa menceritakan dengan menggunakan sisi human interest agar menyentuh hati pembaca. Maka, seolah-olah pembaca tersebut juga merasakan hal yang dahulu Anda rasakan. Tidak perlu kisah yang sedih, tetapi kejadian yang bisa diambil hikmahnya.

Empat, ajang promosi secara softselling.

Di setiap edisinya, akan ditulis nama, profesi, serta bisnis Anda. Sebagai contoh, Anita, fashon designer, www.fashion.com. Maka, pembaca akan membuka website Anda, walaupun tidak selalu menjadi konsumen Anda. Setidaknya pembaca tersebut sudah tahu seputar bisnis Anda. Siapa tahu kelak menjadi konsumen atau menyebarkan informasi kepada orang lain.

Lima, media branding.

Perlahan-lahan, pembaca akan mengenali Anda sebagai pengisi rubrik tertentu dengan keahlian tertentu. Sebagai contoh, Anda mengisi rubrik fashion, maka pembaca akan merekam kalau Anda adalah pebisnis fashion, sehingga dapat menjadi brand Anda.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat lima hal di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: