Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal dengan Prioritas

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis. Tujuannya, Anda bisa menghindari masalah tersebut, atau jadi tahu solusinya apa ketika masalah tersebut datang. Selain itu, dalam berbisnis harus mengetahui apa saja yang menjadi prioritas, sehingga tahu mana yang dikerjakan terlebih dahulu.

Yang pertama adalah ibadah.

Menjadi pebisnis, ataupun tidak, tetap mengutamakan ibadah. Misalnya, bagi yang beragama Islam maka bangun tidur setelah sholat subuh bisa dilanjutkan membaca Al Quran. Jadi, sebelum mulai mengurus bisnis, atau mengelola rumah tangga, harus mengerjakan ibadah terlebih dahulu, sehingga bisa memberi motivasi secara spiritual untuk terus bergerak di bisnis.

Yang kedua adalah mengurus keluarga.

Keluarga adalah orang terdekat Anda, sehingga harus menjadi prioritas sebelum mengerjakan bisnis. Misalnya, meski Anda berbisnis di rumah dan memiliki asisten rumah tangga (ART), tapi Anda yang menentukan menu makanan sehingga asupan keluarga tetap terjaga. Jadi, Anda masih menjadi orang yang membuat keputusan meski yang mengerjakan adalah ART.

Yang ketiga adalah baru mulai berbisnis.

Setelah mengerjakan kegiatan ibadah, dan sudah mengurus kebutuhan keluarga (meski mungkin yang mengerjakan teknisnya adalah orang lain), maka Anda baru membuka to do list berbisnis. Intinya, tetap utamakan Anda sebagai istri dan sebagai ibu, serta sebagai makhluk Tuhan sehingga tidak pernah melupakan beribadah.

Yang keempat adalah mengelola tim.

Selain melakukan tugas Anda sebagai pemilik bisnis, yaitu berpikir startegi bisnis, maka Anda juga harus mengelola tim. Misalnya, setiap pagi sebelum tim mulai bekerja maka Anda akan memberikan motivasi, atau briefing, atau apa saja yang dibutuhkan oleh tim. Anda juga bisa melakukan evaluasi kalau tim bekerja dengan benar, atau ada yang harus diperbaiki agar sama-sama berkembang.

Yang kelima adalah pengembangan diri.

Dalam berbisnis, apalagi sebagai pemilik yang memiliki tugas strategis, seperti membuat program bisnis, maka Anda harus membutuhkan ilmu. Selain itu, menjadi pemimpin juga harus melakukan transfer ilmu kepada tim agar mereka juga bisa berkembang.

Salah satunya, Anda bisa mengikuti training dari Indscript Corporation dengan pilihan training bisnis atau menulis. Training yang 1% ilmu dan 99% praktek ini memang mayoritas untuk perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Pasalnya, profesi pebisnis atau penulis memang tepat bagi perempuan dari rumah, sehingga dengan adanya ilmu memudahkan mereka untuk tahu bagaimana cara berbisnis atau menjadi penulis.

Beberapa judul training yang pernah diadakan adalah Ngiklan Cantik Biar Jualan Banyak Yg Lirik, CLBK-In Jaringan Pemasaran Yang Pergi Lalu Balik Lagi Dan Jualan Lagi, Magnet Closingan Whatsapp, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai training terkini bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.