Cara Berpromosi Lewat Tulisan dengan Teknik Copywriting

Di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga, bisa menjadi acuan Anda ketika akan memilih berbisnis apa. Selanjutnya, Anda harus belajar menulis promosi tapi tidak terlihat beriklan, atau menggunakan teknik copywriting.

Tahukah kalau tulisan dapat menggiring calon konsumen tertarik terhadap produk atau jasa Anda? Saat ini sudah masuk era di dunia periklanan dengan gaya storytelling, yaitu naskah yang berbentuk cerita sekaligus mengajak pembaca menjadi konsumen produk atau jasa kelak. Lalu, bagaimana agar tulisannya tergolong promosi tanpa terlihat beriklan?

Langkah pertama adalah membuat naskah iklan berupa storytelling yang memberi edukasi kepada pembaca mengenai pentingnya produk atau jasa Anda.

Anda dapat mengaitkan cerita dengan sesuatu hal yang tengah booming saat ini. Contohnya, Anda menjual produk makanan serba nonmsg. Maka, Anda dapat memberi edukasi kalau msg kurang baik jika sering dikonsumsi bagi tubuh, lalu sertakan informasi mengenai produk Anda.

Selanjutnya, naskah tersebut perlahan-lahan menimbulkan keyakinan kalau produk atau jasa Anda adalah sebuah kebutuhan.

Misalnya, dengan memberi informasi berkali-kali mengenai gaya hidup sehat tanpa msg. Tulisan tersebut siap mempengaruhi pemikiran pembaca kalau lebih baik segera menjaga pola hidup, salah satunya dengan mengonsumsi produk Anda.

Setelah pemikiran pembaca mulai memahami soal edukasi versi Anda, tentu berikutnya tulisan iklan tersebut memberi efek pada sisi tingkah laku. Secara tidak disadari, pembaca akan tergerak menjadi konsumen, bahkan tidak menutup kemungkinan hingga sebagai pelanggan.

Proses di atas berawal dari sebuah tulisan yang mengubah pemikiran pembaca perihal pentingnya sebuah produk atau jasa. Seiring dengan waktu mendapatkan informasi tersebut, mampu membuat pembaca beralih sebagai konsumen.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: