Cara Berbisnis Tanpa Modal Sebaiknya Dilakukan Usia Berapa?

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga? Artinya, Anda tentu sudah menentukan akan berbisnis apa, ya. Anda bisa memilih salah satu dari lima poin di artikel tersebut. Selanjutnya, ada pertanyaan yang datang, yaitu, “Usia berapa sebaiknya mulai berbisnis?” Baiklah, ini jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Satu, setelah menjadi ibu rumah tangga (IRT).

Banyak pula, kalangan IRT yang memutuskan berbisnis. Pasalnya, walaupun mereka ingin tetap mendapatkan penghasilan tanpa harus keluar rumah. Pilihannya bisa membuka toko kelontong, berjualan gorengan, MLM, dan yang lainnya. Padahal, sebelumnya mereka mengaku tidak pernah berbisnis juga. jadi, setelah menjadi Irt baru terjun berbisnis.

Dua, setelah menjadi seorang bapak.

Menjadi bapak atau pemimpin keluarga memikul tanggung jawab, salah satunya harus menafkahi istri dan anak-anaknya. Tidak jarang, mereka sudah bekerja tetapi ada juga yang memilih berbisnis, karena lewat bisnis bisa mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas. Pasalnya, ketika menjadi karyawan tentu gajinya akan tetap setiap bulannya.

Tiga, setelah lulus kuliah.

Ada pula, anak muda yang setelah lulus kuliah lalu melamar pekerjaan di beberapa tempat. Sembari menunggu panggilan kerja, tidak jarang mereka berbisnis. Ada juga yang karena hal ini jadi keterusan nyaman dan memilih berbisnis saja. Bahkan, ada pula yang setelah lulus langsung memutuskan untuk berbisnis.

Empat, ketika menjelaang pensiun.

Beberapa orang tua, ada yang mempersiapkan pensiun dengan memiliki bisnis. tujuannya, ketika sudah pensiun, ia bisa terus produktif, salah satunya dengan berbisnis. Pasalnya, tidak mungkin melamar pekerjaan lain lagi. Sementara bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja. Harapannya, hari tua tetap bisa diisi dengan belajar bisnis lalu segera praktek ilmunya.

Lima, berbisnis sejak remaja.

Ada pula, yang memutuskan berbisnis sejak remaja. Baik itu berbisnis yang sederhana, seperti jualan aksesori untuk remaja, bergabung di bisnis jaringan dengan menawarkan produk kosmetik anak muda, berjualan pulsa, dan masih banyak lagi. Tentu hal ini bisa membuat remaja mengisi waktu luangnya dengan lebih produktif dan bisa jadi menghasilkan materi.

Ketika ditanya, “Sebaiknya berbisnis dari usia berapa?” Maka, jawabannya adalah berbisnislah sekarang, berapa pun usia Anda. Pasalnya, contoh di atas sudah menunjukkan kalau dari usia muda hingga pensiun pun terbuka untuk berbisnis. Khususnya buat remaja, bisa mencatat kegiatannya di Agenda Remaja Prestatif agar bisnis lancar dan pelajaran tidak terbengkalai.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: