Cara Berbisnis Jualan untuk Ibu Rumah Tangga

Apakah Anda sudah membaca artikel yang sebelumnya berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis? Artikel tersebut bisa membuat Anda melakukan antisipasi agar masalah bisnis tersebut tidak terjadi. Selain itu, Anda juga harus tahu kunci berbisnis yang bisa dilakukan di dalam rumah juga, sehingga cocok bagi kalangan ibu rumah tangga (IRT). Antara lain:

Yang pertama, bersikap konsisten.

Bisnis sukses itu berkat dari konsistensi. Baik konsisten mencatat keuangan, konsisten melakukan promosi, konsisten menemukan inovasi dan action, konsisten merawat reseller, konsisten melakukan follow up, dan masih banyak lagi. Jadi, sudahkah Anda konsisten melakukan hal-hal yang harus dilakukan oleh pebisnis? Jika belum, maka konsistenlah sejak sekarang.

Yang kedua, sharing bukan jualan saja.

Dalam berbisnis, jangan mengurus soal jualan saja, tapi Anda harus sering berbagi. Dengan berbagi atau sharing, maka Anda sudah semakin dikenal oleh banyak orang, hingga membuat orang percaya kalau Anda memang serius berbisnis di bidang tersebut karena sering sharing hal tersebut. Mulai sekarang, Anda harus sering sharing.

Yang ketiga, tidak mengeluh persaingan.

Apakah Anda pernah merasa kesal karena omzet menurun sejak ada kompetitor, atau setelah kompetitor semakin banyak? Mulai sekarang, berhenti melakukan hal itu. Dengan mengeluh, maka waktu Anda sudah terbuang tanpa jelas hasilnya. Beda dengan Anda segera melakukan evaluasi sehingga lebih cepat bisa melakukan persaingan bisnis yang sehat dengan kompetitor.

Yang keempat, tanpa banting harga.

Masih yakin kalau konsumen pasti membeli barang yang paling murah? Padahal, setiap produk itu punya target pasar sendiri. Jadi, Anda tidak perlu melakukan banting harga untuk menarik minat konsumen, tapi ganti dengan memiliki “nilai lebih” yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Segera cari apa “nilai lebih” bisnis atau produk Anda?

Yang kelima, menyusun strategi.

Berbisnis itu tidak asal berjualan, asal menawarkan ke sana dan ke sini, asal promosi sering-sering. Tetapi, berbisnis itu harus punya strategi terlebih dahulu. Antara lain, strategi bagaimana menemukan “nilai lebih” sehingga terlihat berbeda dengan yang ada di pasaran, startegi promosi yang tepat sesuai dengan karakter target pasar, dan yang lainnya.

Untuk memudahkan Anda dan tim bersikap konsisten selama mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: