Cara Berbisnis Jualan Sendiri dan Palugada

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis. Tujuannya, Anda bisa menghindari masalah tersebut, atau jadi tahu solusinya apa ketika masalah tersebut datang. Selain itu, dalam berbisnis ada yang masih sendirian dan palugada. Meski sebaiknya Anda hindari, tapi bisa juga melakukan beberapa hal ini.

Yang pertama adalah mengandalkan broadcast (BC).

Keuntungan BC adalah memang jauh lebih efektif, yaitu Anda mengirimkan 1 pesan yang sama dan yang penerima bisa sangat banyak dan dalam jumlah waktu yang singkat. Ini cocok bagi Anda yang jualan palugada, yaitu banyak produk, dan tentunya jangkauan target marketnya lebih luas juga.

Yang kedua adalah tapi pastikan BC-nya menarik bagi target market.

Misalnya, Anda masih paludaga yang jualan gamis, frozen food, skincare, maka bisa berbagi tips seputar hal itu juga. Bisa juga, hari ini kirim tips fashion muslimah, lalu minggu depannya tips seputar kuliner, dan seterusnya. Jadi, jangan asal kirim BC karena nantinya mereka malah tidak suka dengan Anda dan menghindari closing.

Yang ketiga adalah jangan terlalu sering juga.

Ini juga pentingnya Anda punya database target market yang banyak. Jadi, setiap ada yang order hingga yang masih tanya-tanya, tetap Anda masukkan ke dalam database. Jadi, kirim BC hari ini untuk target market nomor 1-20, lalu besok nomor 21-40, sehingga 1 orang tidak akan menerima BC Anda setiap hari.

Yang keempat adalah pastikan isi BC bermanfaat.

Jadi, isi BC bukan jualan, tapi kasih tips yang dibutuhkan oleh target market. Selain itu, bisa juga kasih cerita inspiratif karena setiap orang itu suka sharing dari pengalaman orang lain, hingga memebri motivasi agar semakin dekat antara Anda dengan target market.

Yang kelima adalah closing lewat BC itu butuh proses.

Jangan ngarep, sekali BC langsung ada closing. Bersabarlah sejenak, karena nanti ada waktunya Anda menuai hasil dari BC meski nggak jualan. Nanti ada waktunya target market itu datang sendiri utnuk order, atau diam-diam mereka kasih rekomendasi bisnis Anda ke temannya.

Untuk itu, BC masuk BOARD OPTIMASI WA (salah satu Super board dari Indscript) lalu Anda bisa isi sesuai pandung sehingga termotivasi promosi. Anda bisa konsisten nyetatus WA, mengirimkan BC yang asyik, hingga memprospek hot prospek.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: