Cara Berbisnis Jualan: Produsen atau Reseller?

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena agar bisa berbisnis dari rumah sangat mengandalkan konsisten mengikuti manajemen waktu. Selain itu, Anda juga harus tahu perbedaan menjadi produsen dan jaringan pemasaran (baik distributor hingga marketer), lalu untuk pemula cocoknya yang mana?

Yang pertama adalah mengenali apa kelebihan produsen.

Tentu Anda akan lebih mudah mengatur omzet. Misalnya, Anda adalah produsen gamis lalu ingin punya profit sekian, artinya harus bisa meraup omset sekian. Nah, untuk mendapatkan omzet tersebut, maka harga jual produknya bisa bisa ditentukan lalu program promosinya akan apa saja.

Yang kedua adalah tantangan menjadi produsen adalah banyak hal yang harus diurus.

Meski begitu, menjadi produsen punya banyak hal yang harus diperhatikan. Antara lain proses produksi yang tepat agar tidak ada produk yang reject sehingga bisa mengurangi keuntungan, atau menghitung harga jual yang tepat, mengelola jaringan pemasaran agar terus semangat jualan, dan masih banyak lagi.

Yang ketiga adalah mengenali apa kelebihan jaringan pemasaran.

Jaringan pemasaran itu bisa menjadi ditributor, agen, hingga reseller dan marketer juga termasuk. Tentu kelebihannya, Anda akan fokus pada promosi saja. Anda tidak perlu melakuakn cek proses produksi, tidak perlu mencari supkier bahan, tidak perlu mencari tim untuk produksi. Intinya, fokus di jualan.

Yang keempat adalah menjadi tim jaringan pemasaran juga ada kelemahan.

Misalnya, memang tidak bisa seenaknya menentukan harga jual jadi biasanya margin keuntungan sudah ditentukan oleh vendor atau produsen. Meski begitu, tetap Anda bisa mengembangkan bisnis dan menjanjikan karena kuantitan jumlah yang terjual bisa banyak. Terkadang, vendor membantu dengan menyediakan alat-alat promosi.

Yang kelima adalah sebaiknya mulailah dengan menjadi reseller.

Belum pernah berbisnis sama sekali? Sebaiknya memang memilih menjadi marketer atau reseller dulu. Pasalnya, Anda bsia dimulai dengan modal minim atau hanya fokus belajar promosi saja dulu. Apalagi promosi itu ujung tombak berbisnis jadi sangat penting kelak menjadi produsen.

Tapi, menjadi produsen atau jaringan pemasaran, tetap disarankan untuk terus promosi. salah satunya bisa lewat WA. Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: