Cara Berbisnis Jualan: Merintis dari Rumah

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis. Pasalnya, untuk menjadi ibu rumah tangga (IRT) yang juga berbisnis atau menjadi penulis, wajib memiliki manajemen waktu agar tugas sebagai IRT tetap berjalan lancar.Selain itu, Anda bisa mengenali bagaimana caranya merintis bisnis dari rumah.

Yang pertama adalah membuat biodata.

Anda harus membuat biodara dulu. Antara lain nama bisnisnya apa, produk atau jasa yang ditawarkan apa saja, keunggulan masing-masing produk atau jasa itu apa, akun media sosial juga disiapkan, dan yang lainnya. Inilah langkah pertama merintis bisnis yang wajib dilakukan. Jadi, meski dari rumah tetap dikelola maksimal.

Yang kedua adalah membuat to do list harian.

Bagi yang baru berbisnis, terkadang bingung harus melakukan apa dulu? Makanya, Anda harus menyiapkan to do list agar tahu mana yang dikerjakan dahulu dan mana yang bisa ditunda. Bisanya sih setiap hari harus promosi, pedekate, cek pesanan, dan lainnya.

Yang ketiga adalah membuat rencana keuangan.

Ini juga sangat penting agar bisa menjadi panduan ketika Anda akan membuat keputusan keuangan. Misalnya, harus punya budget promosi berapa, untuk biaya koneksi internet juga berapa, pemasukan berapa, utang termasuk utang dari diri sendiri juga harus dicatat. Yang penting, pisahkan dulu dompet pribadi dengan kas bisnis.

Yang keempat adalah membuat rencana promosi.

Promosi adalah ujung tombak berbisnis sehingga harus membuat rencananya dulu. Baru deh nanti Anda cukup melaksanakannya. Jika dalam pelaksanaan dirasa harus diubah ya tetap boleh saja. Rencana promosi itu bisa mungkin dalam 3 bulan pertama Anda akan promosi lewat WA dahulu, dengan optimasi WA.

Yang kelima adalah membuat timeline dari semua rencan.

Jadi Anda harus tahu kapan melakukan program 1, lalu program 2 kapan, dan seterusnya. Itulah yang dinamakan membuat timeline untuk membuat Anda konsisten juga.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: