Cara Berbisnis Jualan dari Rumah dan Masih Sendirian

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, agar memudahkan Anda bisa melakukan pekerjaan rumah tangga dengan bisnis atau menulis secara seimbang. Khusus dalam berbisnis, ada kalanya Anda masih berbisnis seoarang diri. Agar maksimal, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Yang pertama adalah membuat daftar semua kegiatan bisnis yang harus Anda lakukan.

Harus semua kegiatan Anda catat. Contohnya, posting promosi di status FB, cek pesanan, packing, dll. Tujuannya, agar tidak ada satu kegiatan yang harus dilakukan dan Anda lupa melakukannya. Pasalnya, idealnya Anda memiliki 1 atau 2 karyawan, tapi belum bisa, maka harus mencatat semua to do list tersebut.

Yang kedua adalah membuat manajemen waktu bisnis.

Jadi, ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis tidak hanya harus membuat manajemen waktu, tapi lebih spesifik yaitu manajemen waktu berbisnis. Misalnya, jam berapa Anda harus membuat konten promosi, jam berapa sampai jam berapa Anda fast respon menjawab chat konsumen, dll.

Yang ketiga adalah pakai teknologi sehingga bisa auto-posting, dll.

Anda bisa memaksimalkan teknologi. Misalnya, untuk konten promosi di media sosial, Anda bisa memiliki auto-posting. Jadi, Anda menyiapkan konten promosi untuk bulan depan, lalu masukkan ke media sosial tapi postingnya tidak saat itu juga sehingga Anda bisa mengerjakan hal lainnya.

Yang keempat adalah tetap sempatkan untuk belajar bisnis.

Masih mengelola bisnis seorang diri tentu punya tantangan tersendiri. Tapi, yang tidak kalah penting adalah Anda harus menyempatkan diri untuk belajar bisnis, dan usahakan itu setiap hari. Bisa dengan membaca buku bisnis, melihat konten bisnis di youtube, mengikuti kelas online, dll.

Meski begitu, usahakan mulai merekrut karyawan dan bisa dimulai dari 1 atau orang saja dulu. Tujuannya adalah membantu pekerjaan teknis Anda, seperti membalas chat bisnis, packing, dll, sementara Anda bisa fokus ke promosi dulu.

Meski begitu, tanpa ilmu bisnis membuat Anda bingung bagaimana mengelola tim agar menjadi superteam? Namun, kendala bagi IRT yang berbisnis adalah waktu yang tidak banyak untuk belajar. Maka, Anda bisa menggunakan Get Reseller Board (salah satu Superboard Indscript) yang bisa Anda pajang dan bisa membuat Anda action kapan saja, sesuai waktu Anda sendiri. Di dalamnya, sudah ada recruitment checklist sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari agar reseller semangat berjualan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: