Cara Belajar Menulis Cerita bagi Anak-anak

Sebelumnya, Anda sebaiknya sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena semua hal tersebut bisa Anda lakukan dari dalam rumah agar produktif menulis. Selain itu, IRT yang menulis terkadang anaknya juga jadi tertarik ikut menulis karena setiap suka meniru keseharian seorang ibu. Maka Anda bisa mengajaknya dengan cara berikut.

Yang pertama adalah sering mengajak anak untuk terus menulis.

Anda bisa mengajak anak menulis apa saja setiap hari. Tidak harus lama. Mungkin anak hanya mau menulis 15 menit saja, ya tidak apa-apa. Anda bisa mendorong anak dengan memberikan ide menulis dari kegiatan sehari-hari, seperti cerita sekolah hari ini, dan lainnya.

Yang kedua adalah berikan fasilitas agar anak semangat menulis.

Misalnya, anak jadi boleh meminjam komputer Anda untuk belajar membuat tulisan, atau Anda membelikan anak yaitu buku-buku yang menarik sehingga anak suka menuangkan cerita di buku tersebut, bisa juga menyediakan buku-buku bacaan di rumah sehingga dari membaca jadi terinspirasi untuk membuat tulisan juga.

Yang ketiga adalah kasih buku.

Buku itu seperti modal untuk menulis. Dengan membaca buku, maka otak akan akan terbiasa berimajinasi sehingga kelak lebih mudah menulis. Selain itu, dengan membaca buku juga bisa menambah kosa kata baru sehingga cerita anak akan lebih variatif. Jika belum bisa membeli buku, bisa meminjam buku dulu.

Yang keempat adalah mengajak anak ke tempat yang banyak buku.

Anda bisa mengajak anak ke toko buku dan bebaskan dia memilih buku untuk dibaca ketika di rumah, tapi buat perjanjian kalau anak harus mau membacanya, ya. selain ke toko buku, Anda juga bisa mengajak anak ke perpustakaan sehingga bisa membaca di tempat atau meminjam buku.

Yang kelima adalah jangan pernah memaksa.

Jadi, tidak ada paksaaan anak untuk belajar menulis. Tapi beri dorongan atau mengajak anak menulis. Misalnya, “Nulis yuk, Nak, dari pada bermain HP. Coba buat cerita tentang rumah besar saja, bla bla bla.” Dengan begitu, anak teralihkan dari bermain HP dengan menulis, kan?

Untuk memudahkan Anda mencapai impian tersebut, maka mudahnya silahkan mengikuti panduan di Writing Board (salah satu Superboard dari Indscript) yang memang didesain khusus untuk kalangan IRT.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: