Buku Biografi sebagai Media Promosi Bisnis Online

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Promosi Bisnis yang Mudah Dilakukan? Selain itu, Anda bisa melakukan promosi bisnis secara tidak langsung dengan menulis buku biografi. Buku biografi memang umumnya berisi profil seseorang dengan pengalaman yang inspiratif. Entah itu berprofesi sebagai pebisnis sukses, artis, dan lainnya. Selain itu, sesungguhnya buku biografi dapat sekaligus digunakan untuk media promosi. Setidaknya ada tiga hal yang lain dan akan didapatkan jika Anda membuat naskah biografi.

Satu, buku biografi dapat menjadi proses untuk mengembangkan personal branding.

Gaya penulisan serta kisah yang dituliskan akan mewakili branding diri yang perlahan-lahan terekam di benak pembaca. Sebagai contoh, branding Anda adalah pebisnis di bidang penulisan, maka isi bukunya akan menceritakan detail proses menggapai kesuksesan. Di otak pembaca sudah terekam Anda dengan branding tersebut.

Dua, buku biografi juga dapat memberikan promosi terhadap perusahaan Anda.

Dalam naskah biografi, tentu menyinggung bagaimana cara mengembangkan perusahaan hingga menggapai target. Pembaca akhirnya kerap mengaitkan Anda dengan perusahaan tersebut. Apalagi nama Anda yang positif di sudah mulai dikenal oleh masyarakat, itu artinya perusahaan juga ikut populer.

Tiga, buku biografi sekaligus dapat memberikan promosi terhadap produk atau jasa Anda.

Dalam proses menceritakan perjalanan, buku biografi akan memuat produk yang Anda hasilkan atau jasa yang ditawarkan. Pembaca juga akhirnya mengetahui seputar barang atau jasa Anda dengan mendapatkan informasi mengenai manfaatnya. Tentu saja proses promosi tersebut akan berkesan softselling.

Untuk itu, diperlukan penulis buku biografi yang berkompeten. Menulis naskah biografi tentu berbeda dengan menghasilkan tulisan fiksi, atau nonfiksi untuk pelajaran, dan genre lainnya. Tidak mudah membuat tulisan biografi karena mengangkat dari kisah nyata yang ditulis dengan harus tidak membosankan, menggali hal tertentu yang layak diketahui banyak orang, dan lainnya.

Yang tidak kalah penting adalah membuat jadwal menulis setiap harinya. Misalnya, sehari hanya bisa menulis 30 menit dan hanya setengah halaman, tidak apa-apa asal dilakukan secara konsisten. Pastikan mencatat kapan jadwal menulis Anda dan target menulis setiap hari di Agenda Remaja Prestatif. Dengan mencatat, bisa memotivasi Anda untuk bisa menulis seriap hari. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Semangat berbisnis sambil menulis, ya!

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com