Bukan Hanya Catatan Pengeluaran, Tapi Pebisnis Wajib Mencatat Ini

Seperti informasi di artikel sebelumnya, yang berujudul Walau Memulai Bisnis Mudah dan Tanpa Modal Tetap Harus Lakukan 5 Hal Ini, memang catatan keuangan itu sangat penting. Ternyata, tidak hanya catatan keuangan saja yang terlihat sederhana tapi sangat vital. Selain itu, agar bisnis Anda melesat, juga lakukan 5 catatan sederhana tapi penting berikut ini.

Yang pertama, to do list bisnis.

Sebagai pebisnis, tentu harus punya catatan tugas yang harus dikerjakan hari ini. Dengan mencatat, Anda akan tahu harus melakukan yang mana dulu, hingga tidak ada satu tugas penting yang terlewatkan. Maka, jadikan mencatat to do list bisnis setiap hari sebagai kebiasaan Anda jika ingin bisnisnya melesat.

Yang kedua, to do list bisnis.

Anda, tentu tidak menjadi pebisnis saja. Ada yang pelajar, atau mahasiswa, atau ibu rumah tangga, dan tugas lainnya. Jangan jadikan bisnis sebagai satu-satunya aktivitas bisnis Anda, sehingga hidup lebih mudah dijalankan karena tidak melupakan tugas penting lainnya. Misalnya yang remaja, maka bisnis tetap jalan tanpa melupakan tugas utama sebagai pelajar.

Yang ketiga, mencatat kesalahan yang baru saja dilakukan.

Namanya manusia, pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi, jadikan kesalahan itu sebagai momen untuk tidak melakukan kesalahan yang sama lagi. Maka, Anda harus mencatat kesalahan yang baru saja dilakukan. Iya, ahrus segera dicatat agar tidak lupa. Misalnya, dapat komplain karena slow respon, sementara Anda tengah berada di kelas.

Yang keempat, mencatat solusi.

Setiap masalah bisnis yang datang, Anda tidak hanya harus mencari solusi saja. Tetapi mencatat solusinya juga. Agar, kelak ketika tanpa sengaja melakukan kesalahan itu lagi, maka cukup melihat catatan bagaimana solusinya. Contohnya, masalah slow respon ketika Anda sekolah, maka solusinya adalah membuat jadwal buka toko online hanya siang sampai malam saja.

Yang kelima, rasa syukur.

Agar bisnis Anda melesat, Anda harus menjadi orang yang bahagia dulu. Dengan bahagia, akan memudahkan Anda menjalani hari-hari. Maka, setiap bangun tidur, Anda bisa mencatat rasa syukur. Misalnya, bangun dengan badan segar, bisa menghirup udara segar, apapun yang membuat mood Anda positif.

Dewasa inil bisnis memang sudah dilakukan oleh hampir semua kalangan. Ada yang dari remaja hingga kakek-nene. Berapapun usia Anda, pastikan melakukan 5 hal di atas. Anda juga bisa mencatat 5 hal tersebut di Agenda Remaja Prestatif yang sudah didesain khusus bagi anak muda yang suka berbisnis. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: