Bisnis Rumahan Tetap Harus Memperhatikan Hal-hal Ini

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Artikel ini lebih fokus bagaimana melayani di dunia bisnis. Meski Anda berbisnis dari rumah, tetap kelak rekrut tim satu per satu agar bisnisnya berkembang. Untuk itu, perhatikan hal-hal ini:

Satu, perhatikan bagian internal yaitu tim.

Mungkin, saat ini Anda hanya punya 1 orang tim, itu tidak apa-apa. Perlahan-lahan, nanti jumlah tim akan berkembang. Tim itu bisa karyawan Anda yang menjadi CS, atau keuangan, hingga reseller yang bahkan mungkin belum Anda jumpai secara langsung. Lalu, bagaimana memperhatikan tim internal ini?

Untuk tim internal yang berada di rumah atau kantor bisnis Anda, bisa mendukung dengan mendesain kantor lebih menyenangkan. Antara lain, pilih furniture yang unik sehingga bisa meningkatkan semangat tim bekerja, atau pilih wallpaper yang cerah sehingga tim jadi termotivasi untuk aktif. Coba rencanakan, kira-kira akan melakukan apa agar tim internal makin semangat?

Sementara untuk tim Anda yang tidak satu kantor, seperti para distributor, atau agen, maupun reseller hingga marketer, maka bisa bersikap terbuka. Contohnya, mereka harus merasa bebas untuk mengutarakan pendapat dan Anda benar-benar mau mendengarnya. Ketika ada saran yang menarik, Anda bisa memberikan bonus tersendiri, sehingga mereka termotivasi untuk melakukan inovasi dari waktu ke waktu.

Dua, perhatikan bagian eksternal yaitu konsumen.

Pihak eskternal yang sangat mempengaruhi bisnis Anda adalah konsumen. Anda harus memberikan pelayanan yang maksimal, bahkan lebih baik jika lebih dibandingkand engan kompetitor. Hal tersebut bisa membuat konsumen menjadi pembeli yang loyal kepada Anda, bahkan mereka jadi tidak tertarik untuk berpaling ke kompetitor.

Salah satu contohnya adalah, Anda bisa membuat packing yang unik. Jika kompetitor memberikan packing berupa tas plastik biasa. Nah, Anda bisa membuat tas kain sehingga lebih ramah lingkungan. Artinya, Anda punya “nilai lebih” dibandingkan dengan kompetitor, yaitu packing yang bisa dipakai ulang sekaligus mendukung gerakan go green.

Lalu, harus mempersiapkan apalagi?

Ada beberapa hal lain lagi. Jika Anda ingin menjadi pebisnis, maka mudahnya membuka Dreamboard (salah satu Superboard dari Indscript), lalu isi kolom sesuai instruksi agar tercapai impiannya, yaitu menjadi pebisnis. Dreamboard memang didesain khusus bagi siapa saja agar lebih tahu harus melakukan apa saja untuk meraih impian.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: