Bisnis Online Sukses Bisa dari Melakukan ATM

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Apakah Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru? Dengan begitu, Anda bisa melakukan kebiasaan tersebut meski dari rumah saja. Selain itu, salah satu tips sukses berbisnis lainnya adalah melakukan ATM, yaitu amati, tiru, baru modifikasi. Lalu, bagaimana melakukan ATM itu? Berikut ini penjelasannya.

Yang pertama, melakukan ATM di iklan.

Anda bisa mulai mencari iklan yang sama dengan produk Anda. Baik itu iklan dari produk lokal hingga di luar negeri sekalipun. Anda bisa mencari iklan berupa foto atau video yang sesuai kebutuhan. Semua itu sebagai bahan referensi Anda dalam membuat iklan untuk produk sendiri.

Yang kedua, follow media sosialnya.

Anda bisa mencari bahan referensi sebelum membuat iklan sendiri, yaitu lewat melihat akun media sosial lainnya. Tidak harus media sosial kompetitor, tapi media sosial apa saja yang mungkin bisa membuat Anda mendapatkan ide baru. Misalnya, Anda berbisnis kuliner, tapi bisa follow media sosial produk fashion karena suka dengan konsepnya.

Yang ketiga, cek copywriting-nya.

Jadi, bahan referensi dalam melakukan ATM itu tidak hanya dari segi desain atau visual saja, tetapi bisa juga teks atau copywriting-nya. Pada awalnya, Anda bisa meniru gaya copywriting dari produk tertentu, tapi seiring berjalannya waktu dan Anda konsisten menulis, maka akhirnya punya ciri khas di copywriting tersendiri.

Yang keempat, pelajari.

Sudah mengumpulkan semua bahan referensi? Selanjutnya adalah pelajari, kira-kira dari segi apa yang menarik? Kata-kata seperti apa yang bisa memikat? Selama mempelajari semua hal tersebut, Anda harus menempatkan diri sebagai konsumen sehingga tahu mana yang menarik. Tandai bagian mana saja yang menarik sebagai bahan pelajaran Anda.

Yang kelima, lakukan editing.

Anda dilarang copy paste 100% iklan yang sudah ada. Tapi, Anda bisa melakukan modifikasi sedikit. Misalnya gambarnya menarik, maka Anda bisa membuat gambar lain tapi yang terinspirasi dari gambar sebelumnya. Begitu pula dengan kata-kata yang ada di copywriting.

Terus lakukan ATM ini hingga akhirnya bisa menemukan karakter sendiri. Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.