Bisnis Online Rumahan Tanpa Berutang

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, karena semua tipsnya bisa Anda lakukan di dalam rumah dan jika konsisten bisa mendukung usaha Anda kian melesat. Selain itu, dalam berbisnis sebaiknya Anda tidak perlu berutang sama sekali. Baik ketika butuh modal hingga ada krisis. Kenapa?

Yang pertama adalah sebenarnya ketika Anda memiliki utang maka bisa menggerus omzet.

Ketika Anda punya utang, maka ada kewajiban lain yaitu mencicilnya setiap bulan. Misalnya, omzet Anda bulan ini 100juta, tapi cicilan 20juta per bulan, maka bisa menyedot sekitar 1/5 omzet kan? tidak ingin seperti itu? Jangan berutang sama sekali.

Lalu bagaimana solusinya? Ketika tidak punya modal maka pakai modal yang ada saja, berapapun jumlahnya. Lalu bagaimana jika kondisi krisis? Jual aset yang mungkin dahulu atau coba cari utang yang lunak (seperti kenalan karena tanpa bunga) tapi pastikan Anda berkomitmen mengembalikan uangnya, agar mereka tidak kecewa juga kepada Anda nantinya.

Yang kedua adalah sebenarnya ketika Anda memiliki utang karena sepi order maka tetap membayar kan?

Ketika ada berutang di suatu tempat, lalu kondisi bisnis Anda sebenarnya lagi down, apakah mereka mau kasih keringanan? Kemingkinan besar jawabannya adalah tidak dan Anda harus membayar sejumlah uang, tanpa peduli Anda tengah ramai atau sepi order.

Misalnya, cicilan setiap bulan Anda adalah 10juta, lalu Anda tidak bisa membayar bulan ini, maka akan ditangguhkan tapi dengan bunga yang lebih besar. Bisa jadi, utang yang awalnya 100juta ternyata Anda harus membayar lebih seperti 500juta mungkin? Maka hindari berutang agar tidak semakin bermasalah di keuangan bisnis Anda.

Maka, maksimalkan promosi agar bisa laris.

Ya harus cari solusi. Mungkin Anda merasa sudah sering promosi tapi kok sepi closing, ya bisa jadi cara promosinya yang tidak tepat. Maka carilah ilmu. Ketika belajar maka akan tahu, seperti cara promosi dulu salah karena hard selling dan membuat teman jengah. Nah, Anda juga bisa promosi lewat FB aja.

Suka nyetatus atau chatting di facebook? Tahu nggak kalau dari facebook personal bisa mendatangkan closing? Semua akan dipelajari di Learn All About Facebook (LAAF) dari Indscript, karena akan belajar nyetatus asyik, branding, follow up di FB, dan bonus materi lainnya. Soalnya, jualan di FB itu butuh konten dan flyer tersendiri biar bikin teman FB nggak terasa digiring buat beli jualan Anda. Tenang, triknya juga cocok buat kalangan ibu rumah tangga (IRT) karena mudah banget.

Informasi mengenai training LAAF bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.