Bisnis Online Rumahan Juga Harus Punya Tim

Cara Mengelola Karyawan Perusahaan

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru, karena semuanya bisa dan sangat mudah Anda lakukan di rumah dan dapat memberi dampak positif bagi bisnisnya. Selain itu, meski Anda berbisnis dari rumah tetap harus memiliki tim karena sukses tidak akan bisa sendirian. Lalu bagaimana mengelola tim?

Yang pertama adalah Anda harus punya standart setiap tim itu bagaimana?

Misalnya, Anda akan mencari tim untuk customer service (CS) itu yang ramah, teliti, dan cekatan. Jadi tidak sekedar menerima orang, siapa saja asal mau, tapi harus punya standar tersebut. Setidaknya mereka juga tahu bagaimana harus bekerja di tim Anda.

Yang kedua adalah Anda harus informasikan setiap tim mengenai job description mereka.

Ini juga sangat penting agar mereka tahu harus melakukan apa saja, dan tidak perlu melakukan apa juga? hal ini juga membuat sesama tim tidak akan mengerjakan hal yang sama, atau tidak bisa menyalahkan pihak lain jika tidak dikerjakan.

Yang ketiga adalah Anda harus melakukan evaluasi di setiap kinerja tim tersebut.

Secara berkala, Anda harus melakukan evaluasi apakah tim A sudah bekerja dengan baik, begitu pula dengan Tim B, dan seterusnya. Misalnya, evaluasi untuk Tim CS adalah, apakah selama ini ada komplain dari konsumen? Apakah komplain tersebut disebabkan oleh Tim CS?

Yang keempat adalah jika hasil evaluasi tersebut adalah bagus, maka teruskan kinerja tim tersebut.

Anda bisa juga menambahkan skill mereka. Misalnya, Tim CS selama ini hanya menghadapai pesanan atau komplain pelanggan. Lalu, Anda tambahkan mereka untuk belajar sales, jadi mereka juga dapat sekalian berjualan yang tentu ada insentif tersendiri nantinya.

Yang kelima adalah jika hasil evaluasi jelek, lalu harus melakukan apa?

Yang jelas Anda harus kenali apa penyebab tim bisa menurun produktifitasnya? Misalnya Tim CS semakin sering dapat komplain karena salah input data pesanan jadi sering salah kirim, maka Anda harus kasih teguran dan jika itu terus berlangsung bisa ada pemotongan gaji.

Yang tidak kalah penting dalam melakukan evaluasi adalah terus kasih training. Misalnya, training sales yaitu jualan di WA.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.