Bisnis Online Harus Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Artikel ini lebih fokus bagaimana Anda harus memperhatikan beberapa pihak yang berkaitan langsung agar bisnis bisa terus berkembang. Baik itu dari segi internal hingga eksternal bisnis, seperti:

Satu, pihak eksternal yaitu kepada konsumen.

Tentu hal ini sangat Anda perhatikan karena konsumen adalah pihak yang mau membeli produk atau jasa Anda. Tanpa adanya konsumen, maka bisnis Anda tidak ada pemasukan. Untuk itu, perhatikan apa respon mereka setelah menggunakan produk atau jasa Anda hingga bagaimana saran hingga kritik dari mereka.

Dua, pihak eksternal yang lain seperti suplier.

Suplier tentu sangat mempengaruhi bisnis Anda. Suplier adalah pihak yang menyediakan produk atau bahan produk yang Anda gunakan lalu dijual kembali. Ketika produk atau bahan dari suplier tidak berkualitas, maka yang mendapatkan komplain dari konsumen adalah bisnis Anda, bukan suplier tersebut. Maka, pilih suplier yang tepat pula.

Tiga, pihak eksternal selanjutnya yaitu partner bisnis.

Dalam berbisnis, Anda tidak bisa lepas dari bisnis orang lain, baik yang termasuk kompetitor maupun tidak. Jika ingin bisnisnya berkembang, maka miliki relasi bisnis yang banyak. Tujuannya, semakin banyak ilmu dan pengalaman yang akan Anda dapatkan, hingga makin mendapatkan kepercayaan sehingga terbuka peluang kerja sama bisnis yang sama-sama menguntungkan.

Empat, pihak internal juga wajib diperhatikan, adalah karyawan.

Bisnis tidak akan pernah bisa berkembang jika Anda mengelola semuanya seorang diri. Jika ingin bisnisnya makin melesat, maka rekrut tim satu per satu dahulu, kemudian bina tim agar maksimal memberikan kinerjanya sehingga bisnis Anda pun ikut berkembang. Maka, perhatikan pula apa yang mereka inginkan hingga bagaimana mengembangkan potensi mereka.

Untuk semakin mendekatkan dengan pihak eksternal maupun internal, Anda bisa membuat agenda pertemuan bulanan yang berlangsung secara santai. Untuk itu, di Daily Activities for Mom ada kolom “agenda bulanan” untuk mengingatkan Anda pentingnya menjaga hubungan baik dengan semua pihak. Anda bisa mengisinya dengan agenda kopi darat (kopdar) dengan suplier atau pihak yang berkaitan dengan bisnis Anda. Daily Activities for Mom (salah satu superboard dari Indscript) memang didesain khusus bagi ibu yang berbisnis tanpa melupakan tugas utamanya di keluarga.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: