Bisnis Murah Meriah Berdasarkan Usia

Walau di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga, tetap saja Anda bisa memilih bisnis berdasarkan usia Anda saat ini. Ada beberapa bisnis yang bisa Anda pilih dan ditulis di bawah ini, serta disesuaikan dengan umur Anda, agar lebih mudah menjalankan bisnis ke depannya.

Satu, pilih bisnis dengan target market sesuai dengan usia Anda.

Keuntungannya adalah Anda tentu tahu apa target market karena seumuran. Anda cukup melihat diri sendiri, kira-kira lebih membutuhkan produk atau jasa apa? Atau, kira-kira seorang IRT itu umumnya mengurusi apa saja, sehingga mereka mencari produk atau jasa yang seperti bagaimana?

Sebagai contoh, Anda adalah IRT yang ingin berbisnis, maka bisa memilih menjual produk yang dibutuhkan oleh kalangan IRT, seperti perlengkapan rumah tangga, atau pakaian anak, maupun bumbu-bumbu dapur yang praktis. Bisa juga, produk dengan desain interior terkini, karena banyak IRT yang hobi menata rumah mereka agar tampil lebih menarik, dan masih banyak lagi.

Dua, melihat produk yang Anda gunakan sehari-hari.

Salah satu cara untuk memilih ide bisnis adalah, lihat produk atau jasa yang biasa Anda gunakan. Lalu, apakah produk maupun jasa tersebut membuka peluang bisnis dengan menjadi jaringan mereka? Misalnya menjadi marketer, atau reseller, hingga bisa juga distributor. Hal ini akan memudahkan Anda berjualan karena cukup menceritakan pengalaman setelah meresakan manfaat produk atau jasa tersebut.

Sebagai contoh, setiap hari Anda menggunakan kosmetik yang cocok, sehingga banyak teman-teman Anda yang tanpa ditanya langsung berkomentar kalau wajah Anda tampak lebih cerah. Dari penglaman tersebut, maka Anda bisa berjualan produk kosmetik tersebut karena sudah merasakan langsung manfaatnya. Jadi, Anda umumnya menggunakan produk atau jasa apa? Coba jualah produk atau jasa tersebut.

Tiga, tergantung lingkungan sekitar.

Anda bisa memilih bisnis dari kebutuhan di sekitar. Coba perhatikan tetangga Anda, atau teman-teman Anda, intinya lingkungan di sekitar. Kira-kira, mereka membutuhkan apa, dan belum ada penjualnya. Bisa juga, mereka membutuhkan apa saja tetapi masih sangat sedikit penjual yang menawarkan produk tersebut. Nah, Anda bisa memiluh bisnis produk tadi.

Sebagai contoh, Anda adalah remaja yang melihat kalau teman-teman di sekitar sangat membutuhkan pulsa internet, tetapi mereka hanya bisa membeli pulsa dengan mendatangi counter. Maka, Anda bisa melakukan inovasi dengan menawarkan pulsa cukup chat di WA. Pembayaran bisa transfer atau saat bertemu di sekolah maupun kampus.

Agar ide-ide bisnis Anda tidak hilang begitu saja, maka catat setiap yang ada di otak di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com